Berita Al Qaeda Terkini: Al Qaeda Buka Cabang, India Tingkatkan KeamananNew Delhi – Diberitakan bahwa kelompok Al Qaeda telah membuka cabang di India. Terkait hal ini, Pemerintah India pun memutuskan akan meningkatkan keamanan dalam negerinya. Peningkatan keamanan ini dilakukan Pemerintah India di sejumlah provinsinya.

Seperti dilansir dari Reuters (Jumat, 5/9/2014), keputusan untuk memperketat keamanan di sejumlah provinsi ini diambil setelah Pemerintah India mengadakan pertemuan darurat tingkat tinggi. Pertemuan tersebut antara lain dihadiri oleh sejumlah pejabat keamanan dan militer serta Menteri Dalam Negeri.

Salah satu pejabat India mengatakan bahwa masalah buka cabangnya Al Qaeda di India ini merupakan masalah yang harus ditanggapi dengan serius. Pejabat yang namanya tak ingin disebutkan tersebut mengatakan bahwa peringatan bahaya telah dibunyikan.

Selain keputusan untuk meningkatkan keamanan, belum jelas langkah lanjutan apa yang mungkin akan diambil oleh Pemerintah India.

India sebenarnya bukan kali ini saja harus berhadapan dengan masalah terorisme. Negara ini sebelumnya sudah pernah mendapat ancaman dari kelompok ekstrimis asal Pakistan, yaitu Taliban. Namun demikian, kedatangan Al Qaeda ini tentunya akan semakin mengancam keamanan dalam negeri di negara tersebut.

Adapun meski telah mengumumkan telah membuka cabang di India, Al Qaeda belum memberikan tanda-tanda kehadirannya. Negara yang tengah gencar mengembangkan bidang teknologi informasinya tersebut kini harus selalu waspada menghadapi kemungkinan-kemungkina aksi teror dari dua kelompok radikal, Taliban dan Al Qaeda. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)