Berita ISIS Terkini: ISIS Miliki Peralatan Tempur Buatan AS

advertisement:


11/09/2014

Berita ISIS Terkini: ISIS Miliki Peralatan Tempur Buatan ASBaghdad – Kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) memiliki peralatan tempur atau persenjataan yang tidak bisa diremehkan. Berita terbaru yang beredar behkan mengatakan bahwa kelompok yang memiliki nama baru Islamic State (IS) tersebut memiliki persenjataan canggih buatan Amerika Serikat, negara yang notabene menjadi musuh besar mereka saat ini.

Fakta tersebut diungkapkan oleh Badan Penelitian Senjata di London, Inggris. Dengan senjata-senjata modern dan canggih inilah ISIS kemudian bisa mengimbangi bahkan mengalahkan pasukan Pemerintah Irak dan Suriah kemudian merebut kekuasaan di sejumlah wilayah di dua negara tersebut.

Dilansir dari Al Arabiya (Selasa, 9/9/2014), stok persenjataan yang dimiliki ISIS inipun cukup banyak. Salah satu contoh peralatan canggih ISIS bisa dilihat dari kendaraannya. ISIS diketahui memiliki sejumlah Humvee, yaitu mobil off-road buatan AS, yang memang biasa digunakan untuk keperluan militer.

ISIS mendapatkan mobil ini sebagai rampasan perang saat mereka berhasil menjatuhkan markas militer Irak. Mobil-mobil tersebut memang hibah dari militer AS kepada militer Irak.

Persenjataan lainnya yang juga buatan AS adalah senapan M-16. Sebuah senapan yang cukup terkenal buatan AS yang banyak digunakan pada saat Perang Vietnam sekitar tahun 1963 dahulu.

Baca juga
Berita ISIS Terkini: Polandia Tutup Kedubesnya di Baghdad, Irak
Berita ISIS Terkini: Amerika Serikat Sebut ISIS Gunakan Peralatan Perang Rampasan

Selain buatan AS, ISIS juga diketahui memiliki roket buatan Kroasia, yakni M-79. Senjata ini diduga mereka dapat setelah mengalahkan pasukan Suriah. Roket M-79 tersebut memang menjadi salah satu bantuan Arab Saudi kepada Suriah dahulu.

Meski tampaknya pergerakan ISIS kini semakin tersudut akibat serangan gabungan dari pasukan Pemerintah Irak, Suriah dan Kurdi, yang didukung oleh serangan udara AS, kelompok tersebut tetap tak bisa dianggap entang. Pergerakan mereka begitu militan, dan bila pertempuran secara langsung sudah dianggap tak efektif, bisa saja mereka kemudian beralih pada operasi terorisme seperti bom bunuh diri dan sejenisnya. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

advertisement


Google+ comment widget by skipser
advertisement


Photo Gallery