Berita ISIS Terkini: Australia Siap Kirim Pesawat Tempur untuk Melawan ISIS

advertisement:


15/09/2014

Berita ISIS Terkini: Australia Siap Kirim Pesawat Tempur untuk Melawan ISISPerth – Australia semakin menunjukkan keseriusannya untuk memerangi kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Negara berjuluk Negeri Kanguru tersebut bahkan telah siap mengirimkan sejumlah pasukan dan pesawat tempur bila sewaktu-waktu Amerika Serikat membutuhkan dukungannya.

Seperti dilansir dari Reuters (Minggu, 14/9/2014), Perdana Menteri Australia, Tony Abbott, mengatakan bahwa pihaknya siap mengirimkan 600 personil militer, yang terdiri dari 400 personil Angkatan Udara, dan 200 personil pasukan khusus. Mereka akan diterbangkan ke Uni Emirat Arab, dimana salah satu markas militer AS berada.

Untuk urusan pesawat tempur, Australia mengatakan akan mengirimkan delapan jet tempur F-18 Super Hornet, dengan dukungan pesawat kontrol dan pesawat pengisian bahan bakar di udara. Abbott mengatakan bahwa pasukan dan pesawat tempur tersebut akan segera dikirimkan dalam beberapa waktu dekat ini.

Baca juga
Berita Konflik ISIS Terkini: ISIS Eksekusi Warga Inggris, Obama Turut Kecam
Berita ISIS Terkini: PM Inggris Kecam Eksekusi Haines

Keputusan Australia ini merupakan tahap lanjut keterlibatan Australia dalam isu ISIS. Sebelumnya negara ini telah terlibat aktif dalam bantuan kemanusiaan multinasional untuk masyarakat sipil di Irak, selain juga bantuan perlengkapan militer kepada pasukan Irak dan Kurdi. Merasa ancaman ISIS semakin besar, Australia pun menimbang pentingnya membawa keterlibatan mereka ke tahap selanjutnya, yakni bantuan serangan militer.

Tony Abbott pun memperingatkan kepada masyarakat Australia bahwa jika persiapan telah matang dan operasi militer ini dijalankan, kemungkinan besar akan membutuhkan waktu yang lama. Adapun sampai saat ini, belum ada keputusan apakah Australia akan menurunkan pasukan daratnya untuk melawan ISIS, sehingga kemungkinan bantuan yang akan mereka berikan hanyalah berbentuk serangan udara seperti yang telah diberikan oleh AS. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

advertisement


Google+ comment widget by skipser
advertisement


Photo Gallery