Susunan Kabinet Jokowi: 34 Menteri, 16 Diantaranya Dari ParpolJakarta – Presiden terpilih Joko Widodo dan wakilnya, Jusuf Kalla, akhirnya mengumumkan ke publik struktur kabinet pemerintahannya. Seperti dilansir dari The Globe Journal (Senin, 15/9/2014), Kabinet Pemerintahan Jokowi-JK ini akan berlaku untuk masa jabatan 2014-2019. Di Rumah Transisi, Jakarta. Jokowi mengumumkan jika akan ada 34 kemenntrian yang akan mendukungnya berserta Wakil Presiden terpilih JK.

Baca juga:
Berita Korupsi Migas: Menteri ESDM Jero Wacik Ditetapkan Menjadi Tersangka Oleh KPK
Muktamar PKB 2014: PKB Berharap Dapat Jatah Posisi Menteri Lebih Banyak
Berita Politik Hari Ini: Menteri Dalam Kabinet Jokowi-JK Harus Bisa Blosokan Ala Jokowi

Jokowi yang hinggga kini masih berstatus sebagai Gubernur DKI Jakarta menerangkan jika dari 34 kementrian tersebut terdiri dari 18 orang profesional dan 16 orang profesional partai politik. Beliau juga menambahka akan ada 3 Menteri Koordinator (Menko). Sememntara Wakil Menteri kemungkinan besar akan diposisikan hanya untuk Kementrian yang dinilai membutuhkannya seperti Kementrian Luar negeri.

Di akhir wawancara, Jokowi menegaskan jika pemilihan menteri ini tida berdasarkan daerah asal maupun partai politik. Prinsipnya dalam memilih adalah berkaitan dengan kompetensi, kemampuan managerial, leadership, serta kompetensi. Saat ditanya mengenai keberadaan 16 menteri dari parpol, Jokowi menjawab jika kita jangan sampai lupa jika parpol memiliki banyak profesiona. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)