Berita ISIS Terkini: Serangan Pasukan Kurdi Tewaskan Petinggi ISIS

advertisement:


17/09/2014

Berita ISIS Terkini: Serangan Pasukan Kurdi Tewaskan Petinggi ISIS

Pasukan peshmerga Kurdi sedang berpatroli.
(sumber foto: Reuters)

Baghdad – Kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) kembali terpukul telak. Hal tersebut diakibatkan oleh tewasnya satu orang lagi petinggi mereka dalam sebuah pertempuran.

Update terbaru dari medan perang mengatakan bahwa pemimpin ISIS di Kota Mosul telah tewas akibat sebuah serangan yang dilancarkan oleh pasukan Kurdi. Tokoh penting yang tewas tersebut bernama Yasseen Ali Suleiman Shalash.

Seperti dilansir dari Trendz (rabu, 17/9/2014), Ali kehilangan nyawanya ketika pasukan peshmerga Kurdi melancarkan sebuah serangan dengan tujuan akhir untuk membebaskan Kota Mosul dari kendali ISIS. Meski misi mereka tersebut belum tuntas, mereka berhasil menewaskan pemimpin ISIS di kota tersebut. Informasi mengenai tewasnya pria bernama alias Abu Abdullah tersebut pertama kali dikonfirmasikan oleh Badan Keamanan Nasional Kurdi.

Adapun karir Ali di dunia militan dikatakn bermula sejak dirinya bergabung dengan kelompok Tawhid wal-Jihad. Ali sempat dijebloskan ke penjara Abu Ghraib, namun kemudian berhasil kabur dan bergabung bersama ISIS. Tampaknya karirnya di ISIS juga cukup impresif sehingga dirinya diserahi tanggung jawab untuk memimpin pasukan ISIS di Mosul.

Baca juga
Berita ISIS Terkini: Ancam Eksekusi Sopir Taksi Asal Inggris

Dalam serangan yang menewaskan Ali ini, pasukan Kurdi tidak bekerja sendiri, melainkan juga mendapat dukungan serangan udara dari Amerika Serikat. Tewasnya Ali tersebut dinilai sebagai salah satu pencapaian terbesar dari operasi militer gabungan antara pasukan Irak dan Kurdi yang didukung oleh serangan udara dari AS.

Adapun Mosul sendiri merupakan salah satu kota penting di Irak yang berhasil direbut oleh ISIS. Kematian dari sang “pemimpin cabang” tentunya akan berdampak pada keorganisasian ISIS di kota tersebut. Dengan ini, diharapkan operasi pembebasan Mosul bisa berjalan lebih lancar. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

advertisement


Google+ comment widget by skipser
advertisement


Photo Gallery