Berita ISIS Terkini: Iran Katakan Bahwa ISIS Tak Bisa Dibasmi dengan Serangan Udara

advertisement:


18/09/2014

Berita ISIS Terkini: Iran Katakan Bahwa ISIS Tak Bisa Dibasmi dengan Serangan UdaraTeheran – Kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS), atau yang memiliki nama lain Islamic State (IS), telah mengalami sejumlah kekalahan akibat serangan udara yang dilancarkan oleh Amerika Serikat, selain juga beberapa serangan darat dari pasukan Pemerintah Irak dan Kurdi. Terkait hal tersebut, Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif, berpendapat bahwa usaha pemberantasan ISIS tidak bisa hanya dilakuakn dengan serangan udara.

Telah banyak diketahui bahwa Presiden AS, Barack Obama, beserta Menteri Luar Negeri AS, John Kerry, telah melakukan pendekatan-pendekatan kepada negara sahabat mereka untuk bekerja sama dalam dukungan serangan untuk melawan ISIS. Negara-negara yang setuju mengatakan bahwa mereka akan memberi bantuan militer berupa serangan udara. Cara ini menurut Zarif kurang tepat, atau paling tidak, belum cukup untuk membasi pergerakan kelompok radikal tersebut.

Seperti dilansir dari Indian Express (Kamis, 18/9/2014), Zarif mengatakan bahwa ISIS memang sebuah kelompok radikal yang fenomenal dan berbahaya, yang patut diwaspadai. Kelompok tersebut tak bisa diberantas hanya dengan serangan udara.

Baca juga
Berita ISIS Terkini: Sampaikan Simpati, Warga Muslim London Gelar Doa Bersama
Berita ISIS Terkini: Menlu Inggris Harapkan Iran Gabung Koalisi Atasi ISIS

Zarif menuturkan bahwa perlu cara-cara khusus untuk menangani masalah ini. Oleh karena itu, Iran tak mau terburu-buru dalam menentukan bantuan seperti apa yang akan mereka berikan kepada Irak dan Suriah terkait isu ini.

Zarif menambahkan bahwa masalah ISIS bukanlah masalah Irak dan Suriah saja. Mereka telah banyak memiliki pengikut asing dan simpatisan dari seluruh dunia. Oleh karena itu, kelompok ekstrimis tersebut telah menciptakan sebuah ancaman yang bersifat global, mencakup seluruh dunia. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

advertisement


Google+ comment widget by skipser
advertisement


Photo Gallery