Berita ISIS Terkini: ISIS Semakin Mendekati Kota Penting Kurdi di Suriah



30/09/2014

Berita ISIS Terkini: ISIS Semakin Mendekati Kota Penting Kurdi di SuriahDamaskus – Pergerakan kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) semakin mendekati sebuah kota penting Kurdi di Suriah, yaitu Ain al-Arab. Kota ini berada di wilayah perbatasan antara Suriah dan Turki.

Ain al-Arab dikenal juga dalam bahasa Kurdi dengan Korban. Dengan semakin mendekatnya serbuan ISIS ke wilayah kota ini, maka negara-negara koalisi anti-ISIS pun terus membombardir wilayah di sekitar kota tersebut melalui serangan udara. Menurut laporan Badan Observatorium Hak Asasi Manusia Suriah, garis terdepan ISIS hanya berjarak lima kilometer saja dari Ain al-Arab.

Dilansir dari Arab News (Selasa, 30/9/2014), observatorium HAM tersebut juga melaporkan bahwa ISIS telah menembakkan sekitar 15 roket ke arah pusat kota Ain al-Arab. Serangkaian serangan roket tersebut menewaskan satu orang warga sipil.

ISIS yang terkesan “ngotot” untuk merebut kota ini menimbulkan kekhawatiran bahwa mereka mungkin saja menargetkan Turki sebagai wilayah yang akan mereka gerogoti berikutnya. Terkait kekhawatiran ini, Turki yang semula belum menentukan sikapnya terhadap keikutsertaan dalam peperangan melawan ISIS, kini sudah mulai mempertimbangkan opsi tersebut.

Baca juga
Berita ISIS Terkini: Serangan AS Dikecam Militan Suriah
Berita ISIS Terkini: Lagi, Pesawat Koalisi Serang Kilang Minyak di Suriah

Namun demikian, Perdana Menteri Turki, Ahmet Davutoglu, belum secara pasti menyampaikan niatannya tersebut. Davutoglu hanya mengatakan bahwa Turki pasti akan bertindak sesuai dengan yang diinginkan. Davutoglu juga menambahkan bahwa pihak Turki tidak mungkin mengacuhkan ancaman ISIS yang semakin menjadi-jadi ini.

Bila Turki ikut bergabung bersama negara koalisi anti-ISIS, maka mereka akan berkolaborasi dengan sekitar 40 negara lain yang berasal dari Eropa dan Timur Tengah, ditambah Amerika Serikat dan Australia. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)



Google+ comment widget by skipser

Photo Gallery