Berita ISIS Terkini: ISIS Tutup Perbatasan Suriah-Turki



30/09/2014

Berita ISIS Terkini: ISIS Tutup Perbatasan Suriah-TurkiDamaskus – Telah diberitakan sebelumnya bahwa kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) telah melakukan serangan ke wilayah perbatasan Suriah-Turki. Update terbaru mengatakan bahwa kelompok radikal tersebut telah berhasil menutup akses perbatasan tersebut.

ISIS menutup wilayah perbatasan tadi dengan cara memutus akses ke sebuah kota kunci Kurdi di Suriah. Sebelumnya pertempuran antara pasukan Kurdi dan ISIS di kota ini berlangsung begitu alot. Guna mencegah meluasnya konflik, Turki pun segera mengerahkan pasukan militernya ke wilayah perbatasan tersebut.

Lembaga Observatorium HAM Suriah yang berbasis di London melaporkan pada hari (Selasa, 30/9/2014), bahwa jet-jet tempur milik Amerika Serikat terus bergerak membombardir basis bertahanan ISIS di sekitar kota tersebut. Hasilnya, beberapa anggota ISIS dan dua warga sipil tewas.

Lembaga tersebut juga melaporkan bahwa salah satu serangan udara tersebut menghantam sebuah pabrik dan gudang penyimpanan gandum di Kota Manbij, Suriah bagian utara. Kawasan ini juga telah dikuasai oleh ISIS.

Baca juga
Berita ISIS Terkini: ISIS Semakin Mendekati Kota Penting Kurdi di Suriah

Jurnalis Al Jazeera, Bernard Smith, melaporkan pula bahwa salah satu serangan udara AS tersebut juga dilaporkan mengenai sebuah gedung yang dijadikan markas ISIS. Sejumlah anggota milisi radikal itupun tewas, sementara sisanya melarikan diri ke Kota Kobane.

Pertempuran yang berlarut-larut di wilayah perbatasan Suriah-Turki tersebut memicu kemarahan tidak hanya warga Suriah, namun juga warga Turki di dekat perbatasan. Mereka menuding Presiden Turki, Recep Tayip Erdogan, tidak serius dalam merespon ancaman ISIS. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)



Google+ comment widget by skipser

Photo Gallery