Home > Ragam Berita > HUT ke-69 TNI: Unjuk Gigi Kekuatan di Depan Dunia

HUT ke-69 TNI: Unjuk Gigi Kekuatan di Depan Dunia

HUT ke-69 TNI: Unjuk Gigi Kekuatan di Depan DuniaJakarta – Puncak perayaan HUT Ke-69 TNI akan dilaksanakan pada 7 Oktober 2014 di Surabaya. Puncak perayaan ini tidak hanya akan menjadi yang terbesar, namun juga ditujukan sebagai ajang unjuk gigi kekuatan militer Indonesia di depan dunia internasional.
Terkait hal ini, Panglima TNI Jenderal Moeldoko meminta masyarakat Indonesia untuk mendukung kegiatan perayaan tersebut agar bisa berlangsung dengan sebaik-baiknya.

Moeldoko menjabarkan pada Selasa kemarin (30/9), bahwa ada dua tujuan utama TNI mengadakan parade besar-besaran di tahun ini. Yang pertama, parade ini bisa dibilang merupakan bentuk pertanggungjawaban TNI kepada publik dan presiden atas anggaran yang telah dikucurkan pemerintah untuk TNI selama 10 tahun terakhir ini. Nantinya baik presiden maupun masyarakat umum bisa mengetahui bagaimana hasil nyata penggunaan anggaran tersebut.

Sementara tujuan yang kedua adalah untuk menunjukkan bagaimana kekuatan militer Indonesia kepada dunia. Adapun sasaran utama pamer kekuatan ini sebenarnya adalah negara-negara tetangga di kawasan regional. Pihaknya ingin menunjukkan bahwa kekuatan TNI tidak boleh diremehkan.

Adapun tujuan lain perayaan ini adalah ingin menunjukkan kepada rakyat Indonesia bahwa bangsa ini memiliki pasukan yang kuat dan profesional serta mampu melindungi tanah air dari ancaman apapun dari luar. Dengan demikian, diharapkan bisa membangkitkan rasa bangga dan semakin cinta TNI dan tanah air.

Kapuspen TNI, Mayjen Mochamad Fuad Basya, menuturkan bahwa biaya yang dihabiskan untuk perayaan HUT TNI ini mencapai sekitar Rp 20 miliar. Biaya ini hanya sebatas operasional saja. Secara nyata di lapangan biaya tersebut masih bisa bertambah tergantung situasi dan kondisi.

Dalam perayaan 7 Oktober mendatang tersebut, TNI akan menampilkan 206 unit peawat, puluhan kapal perang, meriam-meriam terbaru, berbagai alutsista darat, serta primadona terbaru TNI yaitu Main Battle Tank (MBT) Leopard 2. Juga akan dipertunjukkan sebuah simulasi perang untuk memamerkan kemampuan personil pasukan TNI di depan publik. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Jokowi Instruksikan Menteri PUPR Bangun Rumah Tahan Gempa di Lombok

Jokowi Instruksikan Menteri PUPR Bangun Rumah Tahan Gempa di Lombok

Lombok – Presiden Joko Widodo menginstruksikan kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135