Home > Ragam Berita > Berita ISIS Terkini: ISIS Tembak Jatuh Heli Irak, Dua Orang Tewas

Berita ISIS Terkini: ISIS Tembak Jatuh Heli Irak, Dua Orang Tewas

Berita ISIS Terkini: ISIS Tembak Jatuh Heli Irak, Dua Orang TewasBaghdad – Kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS), atau yang memiliki nama baru Islamic State (IS), baru-baru ini dilaporkan telah menembak jatuh sebuah helikopter milik Irak. Akibat jatuhnya helikopter tersebut, dua orang pilotnya pun tewas.

Adalah helikopter Mi-35, yang tertembak jatuh di luar Kota Beiji, sekitar 200 km ke arah utara Ibukota Irak, Baghdad. Di sekitar wilayah tersebut memang terdapat kilang minyak terbesar di Irak.

Juru Bicara Militer Irak, Mohammed al-Askari, mengatakan kepada stasiun TV nasional Irak bahwa serangan tersebut telah menyebabkan tewasnya dua pilot. Pihak berwenang telah melakukan penyelidikan terhadap insiden ini.

Adapun “prestasi” ISIS ini telah dibenarkan oleh sejumlah pendukung dan simpatisanna di media sosial.

Dengan jatuhnya helikopter Mi-35 milik Irak ini, menunjukkan sebuah perkembangan bahwa kini kelompok radikal tersebut telah memiliki kemampuan untuk membalas serangan udara. Meski belum diketahui seberapa besar kekuatan pertahanan udara ISIS tersebut, perkembangan ini cukup membuat was-was negara-negara koalisi anti-ISIS yang biasa menggempur militan tersebut dengan serangan udara. Muncul kekhawatiran bahwa ISIS telah menyiapkan sistem pertahanan udara yang lebih canggih dari sekedar roket peluncur yang menembak jatuh helikopter Mi-35 tadi.

Baca juga
Berita ISIS Terkini: Inggris dan AS Kecam Eksekusi Henning
Berita ISIS Terkini: ISIS Eksekusi Warga Inggris, Alan Henning

Adapun perkembangan terbaru ini menyebabkan sejumlah maskapai penerbangan seperti Virgin Atlantic, Emirates, KLM, Delta Air Lines, dan beberapa lainnya memutuskan untuk menjauhi wilayah udara Irak.

Juru Bicara Pentagon, John Kirby, pun masih enggan memberikan komentar terkait hal ini. Pihak AS bersama negara-negara koalisi anti-ISIS masih terus menyelidiki dan memantau situasi. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Bupati Bekasi Resmi Jadi Tersangka Kasus Dugaan Suap Perizinan Proyek Meikarta

Bupati Bekasi Resmi Jadi Tersangka Kasus Dugaan Suap Perizinan Proyek Meikarta

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) resmi menetapkan Bupati Bekasi Neneng Hassanah Yasin sebagai ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 409

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135