Home > Ragam Berita > Referendum Catalunya: Kepastian akan Ditentukan pada 15 Oktober 2014

Referendum Catalunya: Kepastian akan Ditentukan pada 15 Oktober 2014

Referendum Catalunya: Kepastian akan Ditentukan pada 15 Oktober 2014Madrid – Perkembangan referendum di Catalunya, Spanyol, masih belum juga jelas. Karena berbeda dengan kasus Inggris terhadap Skotlandia kemarin, referendum dainggap sebagai sesuatu yang ilegal oleh Pemerintah Spanyol.

Dengan ketidakjelasan yang semakin berlarut-larut ini, kubu pro-kemerdekaan Catalunya pun mengambil langkah. Mereka mengatakan akan segera mengadakan rapat untuk memutuskan apakah upaya referendum masih akan dilanjutkan atau tidak.

Dilansir dari Reuters (Selasa, 7/10/2014), Juru Bicara Pemerintah Wilayah Otonomi Catalunya, Francesc Homs, mengatakan bahwa keputusan dari rapat tersebut rencananya akan dipublikasikan pada tanggal 15 Oktober 2014.

Isu referendum dari Catalunya, untuk memutuskan apakah wilayah tersebut akan melepaskan diri dari Spanyol atau tidak, memang merupakan masalah lama. Namun isu ini kembali muncul ke permukaan dan semakin menguat di tahun 2014, dengan isu referendum yang semakin santer terdengar.

Sebagian kalangan mengatakan bahwa isu referendum di Catalunya ini muncul akibat adanya referendum dengan masalah serupa di Skotlandia. Namun beda negara tentu beda kebijakan, Pemerintah Spanyol bersikeras mencegah berlangsungnya referendum secara legal di wilayah ini. Alhasil, Presiden Catalunya, Arthur Mas, pun mendapatkan tekanan yang cukup berat dari kelompok radikal pro-kemedekaan Catalunya.

Adapun kubu pro-kemerdekaan menyatakan bahwa dengan adanya 7,5 juta jiwa populasi di wilayah Catalunya, serta kondisi ekonomi yang telah cukup mapan dan mandiri, maka Catalunya dirasa akan lebih makmur dan sejahtera bila melepaskan diri dari Spanyol dan berdaulat sebagai secara penuh menjadi sebuah negara. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Empat Orang Calon Jemaah Haji Asal Sumenep Gagal Berangkat, Ini Sebabnya

Empat Orang Calon Jemaah Haji Asal Sumenep Gagal Berangkat, Ini Sebabnya

Sumenep – Empat orang calon jemaah haji asal Sumenep, Jawa Timut dilaporkan gagal berangkat kerena ...