Home > Ragam Berita > Berita ISIS Terkini: Kanada Gabung Koalisi Anti-ISIS

Berita ISIS Terkini: Kanada Gabung Koalisi Anti-ISIS

Berita ISIS Terkini: Kanada Gabung Koalisi Anti-ISIS

Perdana Menteri Kanada, Stephen Harper

Toronto – Lobi-lobi Amerika Serikat untuk mengajak negara-negara sahabatnya bergabung dalam negara koalisi anti-Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) kembali menghasilkan perkembangan positif. Kali ini, Kanada, dengan sepersetujuan parlemennya, memutuskan untuk bergabung dalam serangan udara terhadap ISIS di Irak.

Kanada akan mengirimkan enam pesawat jet CF-18 Hornet, dua pesawat pengintai, satu pesawat angkut Angkatan Udara, dan satu pesawat pengisi bahan bakar. Selain itu, telah disiapkan pula sekitar 600 personil “airmen” (penerbang) dan “airwomen” (penerbang wanita).
Seperti dilansir dari The Hindu (Rabu, 8/10/2014), Kanada merencanakan keterlibatannya di Irak ini selama enam bulan. Mereka juga menyatakan tidak akan menurunkan pasukan darat.

Baca juga
Berita ISIS Terkini: Koalisi Berhasil Desak ISIS Keluar dari Kobani
Berita ISIS Terkini: Serangan Pertama Australia Kepada ISIS

Perdana Menteri Kanada, Stephen Harper, mengatakan bahwa ancaman ISIS tersebut adalah ancaman yang nyata. Jika dibiarkan saja, maka kelompok radikal ini bisa berkembang dengan sangat cepat. ISIS pun telah menyebarkan ancaman dan terornya secara lokal maupun inernasional, serta telah menetapkan Kanada sebagai salah satu targetnya.

Adapun pihak AS tentunya menyambut baik keputusan Kanada ini. Gedung Putih pun mengatakan bahwa Kanada dan AS telah sama-sama berjuang dalam upaya penyelesaian berbagai konflik selama satu abad terakhir ini. Oleh karena itu, pihak AS merasa sangat berterima kasih atas kontribusi Kanada dalam upaya pemberantasan teroris internasional ini. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Jokowi Sebut Empat Nama Cawapres, Siapa Saja?

Jokowi Sebut Empat Nama Cawapres, Siapa Saja?

Jakarta – Hingga saat ini, Jokowi dan partai pengusungnya belum juga mengumumkan secara resmi siapa ...