Home > Ragam Berita > Berita ISIS Terkini: Masih Kuasai Sepertiga Kota Kobani

Berita ISIS Terkini: Masih Kuasai Sepertiga Kota Kobani

Berita ISIS Terkini: Masih Kuasai Sepertiga Kota KobaniDamaskus – Sebelumnya telah diberitakan bahwa serangkaian serangan udara yang dilancarkan oleh negara koalisi anti-Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) telah memaksa kelompok radikal tersebut untuk meninggalkan Kota Kobani, perbatasan Suriah-Turki. Meski demikian, analisa terbaru mengatakan bahwa ISIS masih menguasai sekitar sepertiga wilayah kota tersebut.

Seperti dilansir dari Reuters (Jumat, 10/10/2014), Lembaga Observatorium Hak Asasi Manusia di Suriah, yang berbasis di London, melaporkan bahwa ISIS masih berusaha memperluas kekuasaannya di Kota Kobani. Mereka masih terus berusaha merebut wilayah perbatasan tersebut meski telah dibombardir oleh serangan udara dari negara-negara koalisi anti-ISIS.

Adapun kepala lembaga observatorium tersebut, Rami Abdulrahman, melaporkan bahwa ISIS masih mengendalikan sepertiga wilayah Kobani, yang meliputi seluruh wilayah selatan, sejumlah kecil wilayah di utara, dan satu daerah di bagian tenggara.

Baca juga
Berita ISIS Terkini: Kanada Gabung Koalisi Anti-ISIS
Berita ISIS Terkini: Koalisi Berhasil Desak ISIS Keluar dari Kobani

ISIS memang sempat dihajar habis-habisan dengan serangan udara dari koalisi anti-ISIS yang dihantamkan di Kobani dan sekitarnya. Hasilnya, sejumlah anggota tewas dan beberapa kendaraan tempur mereka pun hancur. Bahkan kekalahan ini dinilai sebagai yang terbesar sejak kelompok ekstrimis ini memulai pergerakannya di Suriah.

Akibat pertempuran sengit selama tiga minggu antara pasukan Kurdi Suriah dan serangan udara koalisi melawan ISIS, Kota Kobani pun tampak seperti kota mati. Ratusan ribu warga kota tersebut pun terpaksa melarikan diri menyeberang ke wilayah Turki. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Bergabungnya Farhat Abbas Dinilai Bakal Menambah Caci Maki Koalisi Jokowi

Bergabungnya Farhat Abbas Dinilai Bakal Menambah Caci Maki Koalisi Jokowi

Jakarta – Ketua Umum Komunitas Pemuda Madani Furqan Jurdi melayangkan kritikannya atas adanya pengacara yang ...