Home > Ragam Berita > Pelantikan Presiden 2014: Pengamanan Dibangun 5 Lapis

Pelantikan Presiden 2014: Pengamanan Dibangun 5 Lapis

Pelantikan Presiden 2014: Pengamanan Dibangun 5 LapisJakarta – Persiapan pengamanan untuk pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2014-2019 terus digodok. Pimpinan-pimpinan MPR, DPR, dan DPD, serta sekretariat dari amsing-masing lembaga tinggi negara tersebut terus melakukan koordinasi secara langsung dengan Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Unggung Cahyono, serta Kasdam jaya, Brigjen TNI Tedi Lhaksamana. Proses koordinasi tersebut dilakukan di Gedung Parlemen, Jakarta, sejak Jumat ini (10/10).

Ketua DPR, Setya Novanto, menerangkan kepada wartawan di Gedung DPR RI bahwa pertemuan ini membahas mengenai pengamanan Gedung Parlemen, yang merupakan titik vital pelaksanaan pelantikan presiden dan wakil presiden.

Setya mengatakan bahwa upacara pelantikan tersebut akan diselenggarakan di Gedung MPR, DPR, dan DPD, dengan mengutamakan tindakan preventif dan persuasif, keamanan yang “soft” (halus) untuk mewujudkan situasi yang kondusif.

Baca juga
Pelantikan Presiden RI 2014: Anggota DPR Khawatir Pendukung Jokowi Picu Kericuhan

Setya menjelaskan kembali bahwa operasi pengamanan dalam Sidang Paripurna MPR pada tanggal 20 Oktober 2014 tersebut akan dipimpin oleh Polri, dengan dukungan Kodam Jaya. Operasi ini diberi nama Mantap Jaya Brata. Sekitar 23.500 personil gabungan dari Polda Metro Jaya, Manes Polri, dan Kodam Jaya akan dilibatkan dalam operasi pengamanan ini. Selain itu, pengamanan yang dibangun pun akan meliputi lima ring.

Adapun, Setya, yang merupakan politikus dari Partai Golkar, menambahkan bahwa pengamanan presiden dari gangguan unjuk rasa tidak boleh menggunakan senjata api, namun hanya menggunakan water cannon. Meski demikian, pihaknya telah menyusun strategi untuk menghadapi situasi berbahaya macam bom, bentrokan, kebakaran, kemacetan, pengrusakan, pemboikotan, maupun penyusupan. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Fahri Hamzah Minta Kubu Jokowi Tak Perlu Bersikap Seperti Orang Kalah

Fahri Hamzah Minta Kubu Jokowi Tak Perlu Bersikap Seperti Orang Kalah

Jakarta – Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyebut bahwa sebanyak 73,4 persen ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135