Home > Ragam Berita > Tes CPNS 2014: Kelulusan Bisa Segera Diumumkan, Passing Grade telah Dirilis

Tes CPNS 2014: Kelulusan Bisa Segera Diumumkan, Passing Grade telah Dirilis

Tes CPNS 2014: Kelulusan Bisa Segera Diumumkan, Passing Grade telah DirilisJakarta – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) telah menerbitkan nilai passing grade untuk menentukan kelulusan tes CPNS 2014. Dan oleh karenya, diharapkan dalam waktu dekat ini sudah ada instansi yang mengumumkan hasil ujian dari para calon pengabdi negara tersebut.

Heman Suryatman, selaku Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik dari KemenPAN-RB, mengatakan bahwa pelaksanaan ujian CPNS dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) bisa membantu mempercepat keluarnya hasil ujian, sehingga pengumumannya pun juga bisa dipercepat. Herman mengatakan lagi bahwa tidak perlau lagi proses pemindaian secara manual.

Hasil ujian dari seluruh peserta yang telah menyelesaikan test-nya telah direkam oleh server panitia seleksi. Kemudian, masing-masing instansi yang mengadakan ujian CPNS bisa merangking hasil CAT tersebut, mulai dari yang nilainya tertinggi sampai yang terendah. Setelah itu, tinggal dipilih sejumlah nama mulai dari skor tertinggi dan terus ke bawahnya sesuai dengan jumlah kebutuhan dari instansi tersebut.

Herman menambahkan bahwa keputusan lulus-tidaknya CPNS tetap menjadi kewenangan dari pejabat Pembina kepegawaian dari masing-masing instansi tadi. Namun demikian, panitia seleksi di tingkat puat telah memegang salinan data rekaman nilai ujian dari peserta-peserta yang telah melakukan ujian CAT. Salinan nilai tersebut bisa dipakai sebagai “senjata” untuk mengantisipasi adanya manipulasi nilai peserta serta hal-hal “nakal” lainnya terkait perekrutan CPNS 2014 ini.

Adapun, Herman mengungkapkan bahwa belum ada intansi yang sudah mengumumkan hasil ujian CPNS-nya. Untuk nilai passing grade Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang dirilis oleh KemenPAN-RB tersebut, terbagi menjadi tiga kelompok, yaitu:

1. Tes intelejensia umum, memiliki passing grade 75
2. Tes wawasan kebangsaan, memiliki passing grade 70
3. Tes karakteristik pribadi, memiliki passing grade 126

(Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Massa Eks 212 Kawal KH Ma'ruf Amin Pastikan Tak Menaruh Dendam Pada Ahok

Massa Eks 212 Kawal KH Ma’ruf Amin Pastikan Tak Menaruh Dendam Pada Ahok

Jakarta – Koordinator Eks 212, Razman Arief Nasution, mengatakan bahwa ia bersama dengan sejumlah aktivis ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 409

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135