Home > Ragam Berita > Konversi BBG: Pertamina Akan Sediakan 750 SPBG Lima Tahun ke Depan

Konversi BBG: Pertamina Akan Sediakan 750 SPBG Lima Tahun ke Depan

Konversi BBG: Pertamina Akan Sediakan 750 SPBG Lima Tahun ke DepanJakarta – Tingginya anggaran di bidang energi yang mencapai ratusan triliun rupiah, membuat pemerintah harus segera membuat langkah konkret untuk menyediakan alternatif sumber energi selain BBM. Menanggapi hal tersebut PT. Pertamina tengah mengembangkan beberapa bahan bakar alternative yang nantinya dapat dinikmati oleh masyarakat luas, salah satunya ialah Liquefied Gas for Vehicle (LGV) atau juga dikenal dengan sebutan Bahan Bakar Gas (BBG) bermerk Vi-Gas.

Berdasarkan pengamatan Harian Indo (Selasa, 14/10/2014), bahan bakar gas tersebut akan diformulasikan untuk kendaraan bermotor, dengan terdiri dari campuran propane serta butane dengan proporsi yang telah disesuaikan seusai dengan SK Dirjen Migas No. 2527.K/24/DJM/2007.

Untuk mendorong terlaksananya rencana progam konversi dari BBM ke BBG, pihak Pertamina telah merencanakan membangun 750 SPBG dalam waktu lima tahun kedepan. Berdasarkan penuturan Hanung Budya selaku Direktur Pemasaran dan Niaga PT. Pertamina, penyediaan 750 SPBG tersebut merupakan bagian dari rencana besar konversi BBM menuju BBG, dimana nantinya pemerintahan baru di bawah Presiden terpilih Jokowi sedang menuju kea rah sana. Nantinya sejumlah 150 SPBG akan diintegrasikan dengan SPBU pada tahun 2015, sementara sisanya akan dibangun secara bertahap dalam kurun waktu lima tahun ke depan.

Baca juga:
Berita Politik: Kenaikan BBM Berpotensi Jadi Bumerang bagi Jokowi
Berita Kenaikan Harga BBM: Golkar Nyatakan Sikap Rasional Mengenai BBM

Hanung melanjutkan bahwa dari jumlah 150 SPBG yang akan dibangun di tahun 2015, sejumlah 60 SPBG akan dibangun di wilayah Jabodetabek dan sisanya akan disebar di seluruh Pulau Jawa. Adapaun untuk masalah biaya pengadaan SPBG, satu unit dispenser dan kelengkapan sekitar Rp. 1,4M, sementara jika ditambah dengan biaya pengecoran akan mencapai Rp. 2M. (Rani Soraya – www.harianindo.com)

x

Check Also

Empat Orang Calon Jemaah Haji Asal Sumenep Gagal Berangkat, Ini Sebabnya

Empat Orang Calon Jemaah Haji Asal Sumenep Gagal Berangkat, Ini Sebabnya

Sumenep – Empat orang calon jemaah haji asal Sumenep, Jawa Timut dilaporkan gagal berangkat kerena ...