Home > Ragam Berita > Berita ISIS Terkini: Taliban Pakistan Gabung ISIS

Berita ISIS Terkini: Taliban Pakistan Gabung ISIS

Berita ISIS Terkini: Taliban Pakistan Gabung ISISIslamabad – Lagi-lagi, Kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) mendapat dukungan dari kelompok militan lainnya di luar Irak maupaun Suriah. Kali ini, dukungan tersebut datang dari kelompok Taliban “cabang” Pakistan. Juru bicara Taliban dan lima komandan daerah Pakistan telah menyatakan sumpah setianya kepada ISIS.

Pengumuman Taliban Pakistan ini juga sekaligus menajdi bukti ketidaksetiaan kelompok ekstrimis tersebut terhadap pemimpin tertinggi Taliban pusat yang berada di Afghanistan, yaitu Mohammed Omar. Taliban terpecah-pecah, namun ISIS justru semakin kuat.

Seperti dilansir dari The Guardian (Rabu, 15/10/2014), Ijaz Khattak, selaku Ketua Departemen Hubungan Internasional di Universitas Peshawar, Pakistan, mengatakan bahwa masalah ini telah menjadi sebuah tren yang sangat berbahaya. ISIS, yang dinilai lebih berbahaya dari Al-Qaeda maupun Taliban Afghanistan, terus menerus menerima dukungan dari kelompok-kelompok militan lain di wilayah Timur Tengah dan sekitarnya.

Baca juga
Berita ISIS Terkini: Pasukan Kurdi Suriah Rebut Kembali Kobani, Mulai Turunkan Bendera ISIS
Berita ISIS Terkini: ISIS Pukul Mundur Pasukan Irak di Provinsi Anbar

Adapun dalam pesan tersebut, disebutkan bahwa dua faksi dari Taliban Pakistan memutuskan untuk bergabung bersama ISIS. Namun demikian, mereka tetap menyampaikan tidak akan memutus ikatan sejarah dengan Mohammed Omar dan Taliban pusat di Afghanistan. Meski begitu, enam komandan Taliban Pakistan tersebut juga menyampaikan bahwa mereka tidak mengenal dengan pasti siapa sebenarnya sosok Omar tersebut.

Dalam pesan tersebut, Juru Bicara Taliban Pakistan, Shahidullah Shahid, mengatakan bahwa mulai sekarang, mereka akan berganti kubu, mematuhi segala perintah dari Komandan Khalifah Abu Bakr al-Baghdadi al Qureshi Hussaini meski dalam keadaan apapun. Ya, mereka mungkin merasa lebih kenal sosok Abu Bakr, yang merupakan pemimpin ISIS, daripada Omar, sang pemimpin Taliban pusat. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Baru Diangkat Jadi Komisaris Angkasa Pura I, Segini Gaji Ali Mochtar Ngabalin

Baru Diangkat Jadi Komisaris Angkasa Pura I, Segini Gaji Ali Mochtar Ngabalin

Jakarta – Belum lama menjabat sebagai Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV bidang Komunikasi Politik dan ...