Home > Ragam Berita > Pelantikan Presiden: Jokowi-JK Dilantik Hari Ini

Pelantikan Presiden: Jokowi-JK Dilantik Hari Ini

Pelantikan Presiden: Jokowi-JK Dilantik Hari Ini

Jokowi dan JK dalam geladi bersih Minggu kemarin (19/10.
(sumber foto: Getty Images)

Jakarta – Hari ini, Senin, 20 Oktober 2014, Republik Indonesia akan secara resmi memiliki pemimpin baru. Hal itu akan terwujud ketika Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) telah resmi dilantik sebagai presiden dan wakil presiden RI periode 2014-2019 di Kompleks Parlemen. Pelantikan ini pun akan diikuti oleh pesta rakyat besar-besaran yang akan diselenggarakan di Jakarta dan beberapa kota yang lain.

Adapun demi menjamin kelancaran acara, Jokowi pun telah mengikuti geladi bersih pelantikan pada Minggu, 19 Oktober 2014 kemarin. Selain itu, pada hari yang sama Jokowi pun telah mengunjungi Istana Negara, dengan didampingi oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Istana Negara ini dilaporkan akan menjadi tempat tinggal Jokowi selama masa jabatannya nanti.

Untuk mengamankan acara yang dijadwalkan berlangsung pada pukul 10.00 WIB tersebut, 24 ribu personil polisi dan militer telah dikerahkan di berbagai titik. Pengamanan pun dibuat hingga beberapa lapis.

Perwakilan dari 17 negara akan menghadiri pelantikan presiden dan wakil presiden ini. Beberapa yang akan hadir antara lain Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak, Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Australia, Tony Abbott, dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry.

Baca juga
Pelantikan Presiden: Ahok Tak Bisa Ikut Pawai Jokowi Ke Istana
Pelantikan Presiden: Jika Hadir dalam Pelantikan, Prabowo Baru Dianggap Negarawan

Usai pelantikan di gedung DPR/MPR, Jokowi kemudian akan menuju Bundaran Hotel Indonesia untuk mengikuti Kirab Budaya menuju Istana Negara. Di istana ini, Presiden SBY kemudian akan melakukan serah terima jabatan, dan resmilah Jokowi menjadi orang nomor satu di Indonesia.

Adapun setelah prosesi-prosesi resmi tuntas dilakukan, pesta rakyat besar-besaran yang telah dipersiapkan oleh para pendukung dan sukarelawan Jokowi pun telah menunggunya di sekitar Monumen Nasional (Monas). Pesta rakyat ini digadang-gadang akan dihadiri oleh sekitar 100 ribu orang. Dalam acara ini, Jokowi akan menyapa rakyat Indonesia untuk pertama kali sebagai Presiden Republik Indonesia. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Ada Peluru Nyasar ke Dua Ruangan DPR, Ini Penjelasan Perbakin

Ada Peluru Nyasar ke Dua Ruangan DPR, Ini Penjelasan Perbakin

Jakarta – Para anggota DPR di Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, dikejutkan dengan ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 409

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135