Home > Ragam Berita > Calon Menteri Jokowi Ada yang Berwarna Merah

Calon Menteri Jokowi Ada yang Berwarna Merah

Calon Menteri Jokowi Ada yang Berwarna MerahJakarta – Sebagai Presiden terpilih, tentunya Joko Widodo bersama dengan Jusuf Kalla akan membentuk kabinet dalam pemerintahannya. Jokowi menginginkan nama-nama yang ada didalam kabinetnya semuanya clear tanpa adanya masalah dikemudian hari.

Setelah sekitar 43 nama dari calon menteri diserahkan oleh tim transisi ke KPK pada Jumat (17/10), mereka langsung bergerak cepat. Bahkan MInggu malam (19/10) Jokowi sudah melakukan pertemuan dengan lembaga antirasuah ini melaporkan hasilnya bertempat di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta.

Pertemuan yang berlangsung 45 menit ini diperuntukkan untuk membahas nama-nama calon menterinya. Sayangnya ada beberapa nama yang diberi tanda merah, yang dalam hal ini KPK menganggap memiliki resiko tinggi.

Dalam keterangan persnya, Senin (20/10/2014), bertempat di kantor KPK, Jakarta, Wakil Ketua KPK Zulkarnaen mengungkapkan bahwa pihaknya telah memberikan masukan yang disesuaikan dengan apa yang diinginkan oleh Jokowi.

Nama dengan warna merah direkomendasikan agar tidak diikutkan dalam susunan kabinetnya, karena sepertinya nama tersebut akan akrab dengan KPK karena terancam masuk didalam daftar potential suspect salah satu kasus korupsi.

Zulkarnaen juga menjelaskan bahwa calon menteri ditelusuri berdasarkan dari empat hal meiputi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), penelusuran gratifikasi, kasus yang selama ini ditangani, serta pengaduan masyarakat. Sehingga jika masuk salah satu kriteria maka tetu nilainya akan berkurang.

Walaupun demikian semua keputusan ada di tangan Jokowi. Terkait hasil dari KPK tentu akan dijadikan pertimbangan ata tidak namun besar harapan Zulkarnaen dapat dipertimbangkan.(Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Soal Polemik Sampah, Walkot Bekasi Sebut Anies Tidak Tahu Sejarahnya

Soal Polemik Sampah, Walkot Bekasi Sebut Anies Tidak Tahu Sejarahnya

Jakarta – Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi (Pepen) menilai Gubernur DKI Anies Baswedan tidak mengerti ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 409

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135