Home > Ragam Berita > Konflik Gaza: PBB Mulai Penyelidikan Serangan Israel ke Fasilitas Mereka di Gaza

Konflik Gaza: PBB Mulai Penyelidikan Serangan Israel ke Fasilitas Mereka di Gaza

Konflik Gaza: PBB Mulai Penyelidikan Serangan Israel ke Fasilitas Mereka di GazaNew York – Sekretaris Jenderal PBB, Ban ki Moon, telah memulai proses penyelidikan kasus serangan yang dialami oleh fasilitas Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Jalur Gaza yang dilakukan oleh pihak Israel. Serangan tersebut pun mengakibatkan ribuan korban.

Seperti dilansir dari Reuters (Rabu, 22/10/2014), mengatakan dalam pertemuan rutin bulanan Dewan Keamanan PBB, Ban menjelaskan bagaimana kunjungannya ke sebuah sekolah milik PBB di lokasi pengungsi Jabalia, yang dijadikan sebagai tempat mencari perlindungan selama perang oleh warga sipil.

Ban menyampaikan harapannya bahwa penyelidikan ini bisa dilakukan secara menyeluruh terhadap militer Israel, bukan hanya kasus sekolah tersebut, namun juga insiden lain yang melibatkan pengrusakan fasilitas PBB.

Sedikit melihat ke belakang, pertempuran antara pasukan militer Israel dengan kelompok militan Hamas di Jalur Gaza berlangsung selama kurang lebih 50 hari. Sekitar 108 ribu warga Gaza telah kehilangan tempat tinggalnya.

Dalam kampanye serangan Israel tersebut, terdapat sebuah insiden dimana sebuah sekolah milik PBB, yang digunakan untuk lokasi pengungsian warga, mengalami sebuah serangan yang ternyata dilakukan oleh pasukan Israel. Pihak militer Israel mengklaim bahwa Hamas telah menggunakan fasilitas tersebut untuk menyembunyikan roket-roket mereka.

Ban ki Moon pun melanjutkan bahwa dirinya bersama Dewan Independen akan terus mendorong penyelidikan mengenai serangan tersebut, serta membuktikan klaim Israel mengenai adanya gudang senjata Hamas tadi. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

KSPI Minta UMP 2019 Naik 20% - 25%

KSPI Minta UMP 2019 Naik 20% – 25%

Jakarta – Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) meminta kebutuhan hidup layak (KHL) kembali menjadi acuan ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 409

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135