Home > Ragam Berita > Pengumuman Kabinet: Proses Penjaringan Calon Menteri Dipertanyakan Dengan Adanya Warna Merah

Pengumuman Kabinet: Proses Penjaringan Calon Menteri Dipertanyakan Dengan Adanya Warna Merah

Pengumuman Kabinet: Proses Penjaringan Calon Menteri Dipertanyakan Dengan Adanya Warna MerahJakarta – Dengan pemberian warna merah oleh KPK kepada beberapa nama calon menteri dalam kabinet Jokowi-JK menunjukkan bahwa tim seleksi sepertinya tidak memiliki sikap antisipatif, hal ini diungkapkan oleh mantan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Laode Ida, kepada wartawan harianindo, di Jakarta, Rabu (22/10).

Karena saat ini tentunya publik tentu bertanya-tanya apa yang sesungguhnya terjadi dalam penentuan nama-nama yang nantinya menjadi calon pembantu presiden oleh timsel. Karena selama ini proses seleksi lebih terkesan rumit dan juga terbelit-belit, namun Laode Ida menyakini bahwa kejadian ini sangat menarik dan dapat dijadikan pelajaran tersendiri bagi para politisi.

Molornya pengumuman susunan kabinet Jokowi-JK ini tidak lain karena Jokowi ingin janjinya untuk memiliki cabinet yang bersih dan anti korupsi ingin ia wujudkan dengan menggandeng KPK dan PPATK. Dengan adanya campur tangan KPK tentunya calon figure menteri tidak dapat mengelak terkait rekam jejaknya, ungkap Wakil Ketua DPD periode 1999-2004 dan 2004-2009 itu.

Dengan demikian tentunya kedepannya para politisi harus lebih berhati-hati jika ingin menduduki jabatan publik. Selain itu para pimpinan parpol juga harus tahu apakah kadernya potensial jika nantinya ditunjuk sebagai pejabat publik. Karena jika bermasalah tentunya akan mencoreng pribadi dan juga parpol yang mengusungnya.

Karena saat ini KPK tidak segan memberikan catatan khusus kepada calon pejabat yang ternyata memiliki indikasi korupsi karena jika dilanjutkan tentunya akan menghambat proses politik karena mereka tentunya akan dilantik dan segera bekerja. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)

x

Check Also

Jokowi Akan Umumkan Cawapresnya Dalam Satu-Dua Minggu Ini

Jokowi Akan Umumkan Cawapresnya Dalam Satu-Dua Minggu Ini

Jakarta – Jokowi menyebutkan bahwa siapa sosok cawapres yang akan mendampinginya pada Pilpres 2019 mendatang ...