Home > Ragam Berita > Kabinet Kerja Jokowi-JK: Profil Retno Marsudi, ‘Menteri Luar Negeri’ Perempuan Pertama Indonesia

Kabinet Kerja Jokowi-JK: Profil Retno Marsudi, ‘Menteri Luar Negeri’ Perempuan Pertama Indonesia

Kabinet Kerja Jokowi-JK: Profil Retno Marsudi, 'Menteri Luar Negeri' Perempuan Pertama IndonesiaJakarta – Dalam susunan menteri yang tergabung dalam Kabinet Kerja Jokowi-JK untuk periode jabatan 2014-2019, ada beberapa nama yang mencuri perhatian, salah satunya ialah sosok Retno Marsudi, perempuan pertama di Indonesia yang menjabat sebagai Menteri Luar Negeri. Berikut akan Harian Indo tampilkan profil singka dari Retno Marsudi.

Perempuan bernama lengkap Retno Lestari Priansari Marsudi ini memiliki latar belakang sebagai diplomat yang sudah kenyang pengalaman, hal tersebut yang tampaknya menjadi modal penting bagi istri Agus Marsudi untuk masuk dalam susunan kabinet Jokowi-JK.

Lulusan termuda dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UGM pada 1985 ini adalah dubes karir termuda sepanjang sejarah Indonesia dan terakhir kali dirinya menjabat sebagai dubes RI di Den Haag, Belanda. Bahkan dulu dirinya telah direkrut oleh Departemen Luar Negeri sebelum merampungkan kuliah berkat prestasi akademik yang istimewa.

Selain itu perempuan kelahiran Semarang, 27 November 1962 ini dikenal dalam kesehariannya sebagai pribadi yang ramah, tegas dan energik.

Baca juga:
Kabinet Kerja Jokowi-JK: Profil Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan
Kabinet Kerja Jokowi-JK: Profil Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu

Retno juga pernah terlibat dalam Tim Pencarian Fakta (TPF) terkait kasus meninggalnya aktivis HAM, Munir. Ia juga berpengalaman menjadi utusan khusus presiden untuk problem di Aceh (2004) dan Moratorium Utang (2005).

Sebagai duta besar, dirinya pernah bertugas untuk Norwegia, Islandia dan Belanda. Ia juga pernah menjabat Direktur Jenderal Amerika dan Eropa sejak 2008 selama empat tahun.

Retno juga dikenal sebagai sosok yang terbuka akan perubahan dan memiliki konsep bahwa diplomasi Indonesia di level internasional nantinya akan lebih fokus mengenai diplomasi ekonomi. (Rani Soraya – www.harianindo.com)

x

Check Also

PA 212 Sebut Rizieq Perintahkan ‘Tenggelamkan Banteng’, Ini Reaksi PDIP

PA 212 Sebut Rizieq Perintahkan ‘Tenggelamkan Banteng’, Ini Reaksi PDIP

Jakarta – Nama salah satu kuasa hukum Habib Rizieq, Kapitra Ampera, yang disebut menjadi bakal ...