Home > Gaya Hidup > Kesalahan Fatal dalam memasak yang Dapat Menggagalkan Program Diet

Kesalahan Fatal dalam memasak yang Dapat Menggagalkan Program Diet

Kesalahan Fatal dalam memasak yang Dapat Menggagalkan Program DietJakarta – Kesalahan Fatal dalam memasak yang Dapat Menggagalkan Program Diet. Banyak orang mencoba berbagai jenis program dietuntuk menurunkan berat badan. Beberapa diantaranya mungkin kurang berhasil karena dipengaruhi banyak faktor, salah satunya adalah kesalahan saat mengolah masakan.

Rania Batayneh, seorang ahli gizi sekaligus penulis buku The One One One Diet, memaparkan beberapa kesalahan memasak yang menyebabkan tubuh semakin lebaryang dilansir laman Kompas sebagai berikut:

Menggunakan minyak yang salah
Ada beberapa jenis minyak yang diklaim sehat tapi tidak cocok untuk menggoreng, contohnya adalah minyak zaitun.

Batayneh mengatakan “Ketika minyak memanas melewati titik asapnya, maka asam lemaknya akan terdegradasi. Akibatnya minyak ini akan menjadi racun, radikal bebas dan lemak trans yang berbahaya untuk tubuh,”

Minyak zaitun dan minyak kenari umumnya dimanfaatkan sebagai salad dressing. Sedangkan minyak kelapa, biji anggur, dan bunga matahari boleh dipakai untuk menumis atau memanggang.

Memanggang di wajan
Memanggang menjadi salah satu alternatif metode memasak untuk menjaga makanan Anda rendah kalori. Namun, masalah yang sering muncul, banyak orang memanggang menggunakan wajan karena lebih praktis. Sebenarnya cara ini tidak baik karena dapat membuat lemak daging kembali terserap ke dalam makanan. Berbeda dengan memanggang menggunakan rak, maka lemak akan menetes ke bawah dan menjauh dari daging.

Melupakan rempah-rempah
Banyak orang meninggalkan rempah-rempah karena seringkali dianggap menyulitkan saat memasak. Padahal rempah-rempah dapat meningkatkan rasa, dan menambah nutrisi seperti vitamin, mineral, dan antioksidan ke dalam makanan.

“Agar citarasa masakan lebih sedap, umumnya banyang orang menggunakan gula, garam, lemak, dan penyedap rasa. Nah, cara ini meningkatkan jumlah kalori secara dramatis,” ujar Batayneh.

Terlalu banyak minyak
Tak bisa dipungkiri Makanan yang digoreng pastinya terasa renyah dan enak. Makanan yang mengandung terlalu banyak minyak bisa meningkatkan jumlah kalori dalam tubuh dengan sangat cepat

Batayneh Menegaskan “Ketika Anda memasak, minyak itu sebenarnya berfungsi untuk membuat masakan jadi tidak lengket saja,” (Nailah Azka – www.harianindo.com)

x

Check Also

Kulit Pisang Ternyata Bermanfaat Bagi Kecantikan Kulit, Begini Caranya

Kulit Pisang Ternyata Bermanfaat Bagi Kecantikan Kulit, Begini Caranya

Jakarta- Bila Anda membuang kulit pisang setelah memakan buahnya, sebaiknya jangan dilakukan lagi. Karena kulitpisang ...