Gempa Bumi Guncang Maluku dan Manado, Tsunami Berpotensi Terjadi

Ilustrasi

Surabaya – Pihak Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) beberapa waktu lalu memberi laporan telah terjadi gempa bumi yang mengguncang wilayah Maluku dengan kekuatan besar, yaitu 7.3 Skala Richter dimana guncangan tersebut memiliki potensi besar terjadinya bencana susulan Tsunami.

Dan tidak lama berselang, giliran wilayah Manado yang terguncang gempa bumi berkekuatan 6,3 Skala Richter, Sabtu (15/11/2014). Sebelumnya pihak BMKG telah memberikan peringatan serta menetapkan beberapa daerah di Indonesia bagian timur berstatus siaga karena berkemungkinan besar terjadi bencana susulan.

Adapun terkait gempa bumi dengan kekuatan 6.3 Skala Richter yang melanda Manado, mengutip dari Antara, Isty selaku Asisten Seismology Stasiun Geofisika Winangun Manado mengatakan kejadian itu memiliki korelasi akan guncangan diwilayah Maluku. “Gempa di Halmahera Maluku Utara berpotensi tsunami hingga ke Sulut,” ujarnya.

Asisten Seismology Stasiun Geofisika Winangun Manado tersebut menambahkan bahwa gempa terjadi pada kedalaman 10 kilometer serta memiliki potensi terjadinya Tsunami dengan kemungkinan daerah terkena wilayah Bitung dan Manado. Meskipun demikian Isty menghimbau agar masyarakat sekitar tak panik namun tetap waspada menjauhi area pantai. (Fitrah Kemuningtyas – www.harianindo.com)