Cegah Efek Buruk Obesitas Dengan Kopi



18/11/2014

cegah efek buruk obesitas dengan kopiJakarta – Cegah Efek Buruk Obesitas dengan kopi. Jika selama ini kopi hanya digunakan untuk mencegah kantuk. Penelitian terbaru University of Georgia ini pasti akan membuat anda tercengang, pasalnya hasil penelitian menunjukkan kopi dapat membantu mencegah efek buruk dari obesitas.

Dilansir laman Merdeka, bahda dalam penelitian ditemukan kopi mengandung asam chlorogenic (CGA), zat ini terbukti dapat mencegah resistensi insulin dan menumpuknya lemak pada lever tikus yang mengalami obesitas.

Yongjie Ma salah seorang peneliti dari UGA’s College of Pharmacy mengungkapkan “Penelitian sebelumnya mengungkap bahwa mengonsumsi kopi bisa menurunkan risiko penyakit diabetes tipe-2 dan penyakit jantung. Penelitian kami menggali lebih dalam dan menemukan zat apa yang menyebabkan hal tersebut. Kami menemukan bahwa hal ini dipengaruhi zat yang juga bisa ditemukan di buah dan sayuran lain seperti apel, pear, tomat, dan blueberry,”

Obesitas sendiri merupakan kondisi yang saat ini banyak diderita oleh masyarakat di dunia. Sesungguhnya yang lebih berbahaya dari obesitas itu sendiri adalah efek samping yang berupa kemunculan penyakit degeneratif. Obesitas bisa mempengaruhi resistensi insulin dan penumpukan lemak pada lever. Jika dibiarkan ini bisa memicu diabetes dan merusak lever.

CGA dalam kopi tak hanya efektif mencegah diabetes, tetapi juga bisa mencegah peningkatan berat badan dan menjaga kesehatan lever. CGA juga merupakan antioksidan yang bisa meredakan peradangan.

Walaupun sudah diketahui jelas fungsinya, para peneliti tidak menganjurkan mengkonsumsi kopi dalam jumlah terlalu banyak. Jika ingin mencegah diabetes, obesitas, dan menjaga lever tetap sehat, melakukan diet yang sehat dan berolahraga adalah prioritas utama. (Nailah Azka – www.harianindo.com)



Google+ comment widget by skipser

Photo Gallery