Cara Mengelupas Lapisan Lilin Pada Buah Apel



20/11/2014

Cara Mengelupas Lapisan Lilin Pada Buah ApelJakarta – Cara Mengelupas Lapisan Lilin Pada Buah Apel. Buah apel adalah salah satu jenis buah yang melanglang buana sangat jauh. Peminatnya yang banyak dan jenisnya yang tersebar di berbagai belahan dunia menjadikan buah ini adalah salah satu komoditi ekspor dan impor di seluruh dunia.

Dalam perjalanannya yang panjang buah apel tidak akan bertahan segar tanpa bantuan. Karena itu, para produsen buah apel melapisinya dengan lapisan lilin buatan agar buahnya tidak mudah rusak. Demikian dilansir laman Vemale

Zat lilin yang sudah digunakan sejak lama ini sebenarnya dibuat dari bahan yang aman dan telah mendapatkan pengakuan dari Food and Drug Administration Amerika. Tetapi, ada baiknya kita mengurangi konsumsi bahan-bahan yang tidak alami seperti lilin ini.

Cara menghilangkan lapisan lilin buatan pada buah apel cukup mudah. Bahan yang perlu Anda siapkan hanya air hangat, sikat lembut, baking soda, dan perasan jeruk nipis. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan:

  • Siapkan sebuah wadah untuk merendam apel, isi dengan air hangat.
  • Tambahkan perasan jeruk nipis/lemon dan baking soda masing-masing 1 sendok makan.
  • Letakkan apel dalam air.
  • Sikat permukaannya dengan sikat lembut.
  • Lapisan lilin akan larut dan membuat air menjadi keruh.

Atau jika ingin cara yang lebih singkat, bias juga menggunakan pisau dan menyisirkannya pada permukaan apel, lapisan lilin akan mengelupas dan menjadi butiran putih. Namun tentu saja lapisan lilin tidak akan terkelupas sempurna seperti cara sebelumnya. (Nailah Azka – www.harianindo.com)



Google+ comment widget by skipser

Photo Gallery