Berita ISIS Terkini: 300 Warga Swedia Gabung ISIS



23/11/2014

Berita ISIS Terkini: 300 Warga Swedia Gabung ISISStockholm – Sabtu kemarin (22/11), Kepala Badan Intelijen Swedia, Anders Thornberg, mengatakan bahwa telah ada sekitar 300 orang warga Swedia yang telah bergabung bersama kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

Thornberg menuturkan bahwa 100 orang warga Swedia telah terkonfirmasi ikut berperang bersama ISIS, baik di Irak maupun Suriah, dan ratusan lainnya belum terkonfirmasi atau belum terhitung. Thornberg melanjutkan bahwa total warga Swedia yang berperang bersama ISIS mencapai 250 hingga 300 orang.

Thornberg menambahkan bahwa jumlah kaum muda Swedia yang meninggalkan negara tersebut untuk bergabung bersama ISIS terus bergerak naik. Pemuda-pemuda Swedia tersebut mendatangi kamp-kamp pelatihan perang milik ISIS untuk mempelajari cara penggunaan senjata api dan peledak.

Satu hal yang paling mengkhawatirkan dari perkembangan ini adalah bila pemuda-pemuda yang sudah terlatih perang tersebut tidak berperang di Irak atau Suriah, namun kembali ke Swedia, dan melancarkan “misinya” di negara tersebut.

Simak pula
Berita ISIS Terkini: AS Desak Turki Lawan ISIS
Berita ISIS Terkini: Pria Sydney Diadili Karena Terlibat Perekrutan Anggota ISIS

Adapun pada sekitar akhir Oktober 2014 lalu, negara di wilayah Skandinavia tersebut telah mengeluarkan undang-undang untuk melarang seluruh warga negaranya untuk terlibat dalam konflik bersenjata di luar negeri.

Adapun sebelumnya Gilles de Kerchove, selaku Koordinator Anti-Terorisme dari Uni Eropa, telah menyatakan bahwa setidaknya 3.000 warga Eropa telah bergabung bersama ISIS. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)



Google+ comment widget by skipser

Photo Gallery