Tips Cara Memilih Popok Yang Baik Untuk BayiJakarta – Tips Cara Memilih Popok Yang Baik Untuk Bayi. Memilih popok untuk bayi sebenarnya gampang-gampang susah. Beberapa orang tua lebih memilih pertimbangan harga. Padahal popok yang tidak baik bisa memunculkan banyak masalah, salah satu contoh kecilnya adalah ruam popok.

Ada dua jenis popok yang sering dipakaikan untuk bayi, yaitu popok sekali pakai dan popok kain yang dapat digunakan beberapa kali. Masing-masing dari keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan, serta tergantung dari pengguna.

dr. Herbowo Soetomenggolo, Sp.A., mengatakan “Popok kain cenderung lebih nyaman digunakan untuk bayi. Tetapi karena dapat digunakan lebih dari sekali, penggunaan popok kain harus sering diperhatikan dan tidak boleh asal cuci bersih,”

Dilansir laman Okezone (10/12/2014) dengan alasan praktis kebanyakan orang tua saat ini menggunakan popok sekali pakai. Popok sekali pakai yang tidak bagus sering kali menggunakan plastik yang membuat bayi tidak nyaman dan kerap kali menimbulkan masalah kulit seperti alergi dan ruam popok.

Maria Rosita Leonardi, seorang Marketing Fabric Home Care & Human Health Care PT. Kao Indonesia mengungkapkan “Bila memilih popok sekali pakai sebaiknya hindari popok plastik, karena dapat mengganggu penguapan. Popok yang terbuat dari plastik dapat diketahui dengan cara meraba lapisan popok,”

Jadi untuk memilih popok sekali pakai harus selektif, pilih popok yang memiliki kualitas penyerapan cairan yang baik serta nyaman untuk kulit bayi. Jangan pula memilih popok yang terbuat dari plastik. (Nailah Azka – www.harianindo.com).