Membersihkan Bokong Bayi dengan Tissue Basah Atau Air, Mana Yang Lebih Baik?



13/12/2014

Membersihkan Bokong Bayi dengan Tissue Basah Atau Air, Mana Yang Lebih Baik?Jakarta – Membersihkan Bokong Bayi dengan Tissue Basah Atau Air, Mana Yang Lebih Baik? Setelah si kecil BAB ada ibu yang memilih membersihkan menggunakan air dan kapas, ada pula yang memilih menggunakan tisu basah agar lebih praktis. Bahkan beberapa ibu memilih membersihkan bokong anak dengan mencebokinya langsung denga air mengalir.

Banyaknya kontroversi mengenai hal ini membuat, dr Akira Prayudianto SpA, spesialis anak dari RSAB Harapan Kita berpendapat, meski cara membersihkan tinja bayi kembali pada keputusan ibu, tapi akan lebih baik jika kembali ke cara yang alami, demikian dilansir laman Detik Sabtu (13/12/2014).

Dr Akira mengatakan “Dibasuh aja pakai air mengalir dan gunakan sabun khusus bayi. Kalau mau pakai kapas yang penting dicelupkan ke air ya,”

Adakalanya saat berada di perjalanan dan si kecil buang air, dengan terbatasnya air penggunaan tisu basah sah-sah saja. Tetapi jika di rumah sebaiknya bersihkan saja dengan air.

“Kan bagaimanapun pada tisu basah ada kandungan bahan-bahan tertentu. Bukan nggak boleh, di saat-saat tertentu silakan saja tapi kalau memang ada air ceboki saja pakai air, cara yang natural lebih amanlah,” imbuhnya.

Dr Akira berpendapat, justru yang lebih penting adalah bagaimana membasuh area vital perempuan dan lelaki. Pada perempuan, basuhan dilakukan dari atas (bagian bawah vagina) ke bokong, bukan dari bokong ke bawah vagina. Kebiasaan membasuh area vital dengan arah yang benar juga harus diajarkan pada anak sejak mereka bisa berkomunikasi. (Nailah Azka – www.harianindo.com)



Google+ comment widget by skipser

Photo Gallery