Home > Ragam Berita > Konflik Israel-Palestina: Abaikan Gencatan Senjata, Israel Kembali Serang Gaza

Konflik Israel-Palestina: Abaikan Gencatan Senjata, Israel Kembali Serang Gaza

Konflik Israel-Palestina: Abaikan Gencatan Senjata, Israel Kembali Serang GazaGaza – Sabtu kemarin (20/12), pesawat Israel melakukan serangan udara ke sebuah lokasi di Kota Gaza. Serangan militer terbuka ini adalah yang pertama kalinya sejak gencatan senjata disepakati dan diberlakukan pada Agustus 2014 lalu.

Seperti dilansir dari BBC (Sabtu, 20/12/2014), kantor berita Assoicated Press melaporkan bahwa sejumlah warga di kawasan Khan Yunis di Kota Gaza mengaku mendengar dua kali suara ledakan. Ledakan tersebut dikabarkan tidak menimbulkan korban luka ataupun tewas.

Juru Bicara Angkatan Bersenjata Israel, Letnan Kolonel Peter Lerner, mengatakan bahwa serangan udara pada Sabtu kemarin itu ditujukan kepada apa yang mereka sebut dengan “infrastruktur terror” milik Hamas. Seranagn udara Israel ini juga merupakan bentuk serangan balasan atas serangan roket yang terjadi sehari sebelumnya, yang jatuh di wilayah Eshkol, Israel bagian selatan. Roket tersebut dilaporkan jatuh di sebuab area terbuka dan tidak menimbulkan korban jiwa maupun luka.

Sedikit melihat ke belakang, serangan udara militer Israel ini adalah yang pertama kali sejak gencatan senjata berlaku mulai Agustus lalu. Sebelum gencatan senjata itu disepakati, Hamas terus menembakkan roket dan mortir dari Gaza ke wilayah Israel selama kurang lebih 50 hari. Serangan Hamas tersebut dibalas Israel dengan serangan udara dan serbuan pasukan darat memasuki Gaza, yang merupakan wilayah Palestina.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mencatat sekitar 2.100 warga Palestina, 500 di antaranya anak-anak, telah tewas akibat konflik yang berlarut-larut tersebut. PBB juga mencatat lebih dari 17.000 unit rumah hancur akibat pertempuran tersebut. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Surabaya Ternyata Dilewati Dua Sesar Aktif, di Wilayah Mana Saja?

Surabaya Ternyata Dilewati Dua Sesar Aktif, di Wilayah Mana Saja?

Surabaya – Pemerintah Kota Surabaya bekerjasama tim peneliti geologi Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 409

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135