Home > Ragam Berita > Berita BBM: BPH Migas Tak Diperlukan Bila Subsidi Tetap Disetujui

Berita BBM: BPH Migas Tak Diperlukan Bila Subsidi Tetap Disetujui

Berita BBM: BPH Migas Tak Diperlukan Bila Subsidi Tetap Disetujui

Kurtubi, Anggota Komisi VII DPR

Jakarta – Kurtubi, Anggota Komisi VII DPR, baru-baru ini mengatakan bahwa peran Badan Pelaksana Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) tak diperlukan lagi bila pemerintah dan DPR telah sepakat untuk menyetujui pemberian subsidi tetap kepada bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax dan Solar, serta melakukan penghapusan kepada sistem kuota.

Lebih jauh, Kurtubi memberikan saran bahwa tim Reformasi Tata Kelola Migas (RTKM) hendaknya merekomendasikan kepada pemerintah agar BPH Migas digabung kembali ke dalam Direktorat Jenderal Migas Kementerian ESDM. Menurut Kurtubi, hal tersebut pantas dilakukan agar sistem perminyakan nasional di sektor hilir bisa lebih efisien, hemat, dan simple. Pasalnya, dengan sistem subsidi tetap serta penghapusan sistem kuota, maka BPH Migas sudah tidak memiliki hal yang bisa ditangani lagi.

Lantas bagaimana dengan pemakaian pipa gas yang saat ini masih dipegang oleh BPH Migas? Kurtubi menilai bahwa hal tersebut masih bisa di-handle oleh Ditjen Migas.

Adapun Kurtubi sendiri telah menyampaikan sarannya tersebut pecan lalu. Pertimbangannya adalah karena harga jual BBM yang ada saat ini sudah tidak lagi mendapat subsidi, karena harga minyak dunia yang tengah mengalami penurunan.

Untuk penghapusan sistem kuota, sebaiknya didahului dengan merubah sistem penetapan harga BBM bersubsidi menjadi subsidi tetap. Perubahan tersebut mengacu pada patokan harga yang telah disetujui oleh pemerintah dan DPR. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Presiden PKS Beri Lampu Hijau Untuk Lakukan Kampanye Negatif

Presiden PKS Beri Lampu Hijau Untuk Lakukan Kampanye Negatif

Depok – Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman memperbolehkan kadernya untuk melakukan kampanye negatif, ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 409

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135