Home > Ragam Berita > Enam Gunung Api di Indonesia Ini Berstatus Siaga

Enam Gunung Api di Indonesia Ini Berstatus Siaga

Enam Gunung Api di Indonesia Ini Berstatus SiagaManado – Enam Gunung berapi yang ada di Indonesia saat ini statusnya dinyatakan siaga, yaitu Gunung Karangetang (Sulawesi Utara), Gunung Lokon (Sulawesi Utara), Gunung Soputan (Sulawesi Utara), Gunung Gamalama (Maluku), Gunung Sinabung (Sumatera Utara), dan Gunung Slamet (Jawa Tengah).

Sutopo Purwo Nugroho yang merupakan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam rilis informasinya, Sabtu (27/12/2014), menyebut Gunung Lokon statusnya naik menjadi siaga level III sejak hari Jum’at (26/12/2014), dimana sebelumnya Waspada Level II.

Kemudian Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi dan Goefisika turut menetapkan Gunung Api Soputan levelnya juga meningkat jadi siaga level III setelah ada peningkatan kegempaan sehingga masyarakat sekitar dalam radius 6.5 km dari puncak gunung diminta tak beraktivitas.

Lebih jauh Sutopo Purwo Nugroho turut menegaskan penetapan status enam Gunung Api terkait tak diterapkan secara serentak, sesuai dengan hasil pengamatan yang telah dilakukan. Masyarakat diwilayah terkait pun diminta untuk selalu siap siaga dan mengindahkan himbauan pemerintah. (Fitrah Kemuningtyas – www.harianindo.com)

x

Check Also

Massa Eks 212 Kawal KH Ma'ruf Amin Pastikan Tak Menaruh Dendam Pada Ahok

Massa Eks 212 Kawal KH Ma’ruf Amin Pastikan Tak Menaruh Dendam Pada Ahok

Jakarta – Koordinator Eks 212, Razman Arief Nasution, mengatakan bahwa ia bersama dengan sejumlah aktivis ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 409

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135