Home > Ragam Berita > Hilangnya Pesawat Air Asia: Sinyal Darurat Tak Tertangkap, Ini Dugaann Pihak KNKT

Hilangnya Pesawat Air Asia: Sinyal Darurat Tak Tertangkap, Ini Dugaann Pihak KNKT

Hilangnya Pesawat Air Asia: Sinyal Darurat Tak Tertangkap, Ini Dugaann Pihak KNKTTangerang – Pesawat Air Asia bernomor penerbangan QZ 8501 telah dikabarkan hilang kontak dengan pihak Air Traffic Control (ATC) di Bandara Juanda, Sidoarjo. Pihak ATC melaporkan bahwa mereka tidak menangkap adanya sinyal darurat dari pesawat nahas tersebut. Terkait hal tersebut, Kepala Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Tatang Kurniadi, mengatakan bahwa pihaknya belum bisa menyimpulkan penyebab tak tertangkapnya sinyal darurat apapun dari pesawat QZ 8501 tadi.

Tatang menjelaskan bahwa sebenarnya terdapat dua unit pemancar sinyal yang dimiliki oleh pesawat terbang sipil, yaitu ELT (Emergency Locator Transmitter) dan Underwater Locator Beacon (ULB). ELT dipasang untuk memberikan sinyal penanda jika pesawat sampai jatuh di darat, sementara ULB untuk menyebarkan sinyal darurat jika pesawat jatuh di wilayah perairan atau bahkan tenggelam. Sinyal dari dua alat tersebut tak tertangkap hingga saat ini.

Tatang melanjutkan lagi bahwa pada dasarnya ada beberapa penyebab mengapa sinyal darurat dari dua alat tersebut tak sampai tertangkap oleh pihak ATC maupun tim pencari. Menurut Tatang, secara teknis dua alat tersebut memiliki antena yang berfungsi untuk memancarkan sinyal. Jika sampai antena tersebut rusak atau putus, maka alat-alat tersebut tentunya tak bisa lagi memancarkan sinyal daruratnya.
Penyebab lainnya, lanjut Tatang, adalah bila pesawat nahas tersebut jatuh di wilayah gunung yang curam. Namun bila terjadi demikian, keberadaan pesawat yang jatuh masih bisa terlihat melalui pantauan satelit.

Adapun meski tak memiliki catatan sinyal darurat tadi, KNKT mengaku telah memiliki sejumlah data lain, seperti data koordinat, data meteorologi, data penerbangan, dan data kronologi dari penerbangan pesawat QZ 8501. Dari data-data tersebut, KNKT berasumsi bahwa pesawat Air Asia tersebut jatuh di wilayah perairan. Namun tentu hal tersebut tidak bisa menjadi jawaban pasti karena proses investigasi membutuhkan analisa yang lebih mendalam. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Fahri Hamzah Minta Kubu Jokowi Tak Perlu Bersikap Seperti Orang Kalah

Fahri Hamzah Minta Kubu Jokowi Tak Perlu Bersikap Seperti Orang Kalah

Jakarta – Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyebut bahwa sebanyak 73,4 persen ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 409

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135