Penyelundupan Beras di Indonesia Besar Peluangnya



28/02/2015

Penyelundupan Beras di Indonesia Besar PeluangnyaJakarta – Widodo yang menjabat sebagai Direktur Jenderal Standarisasi Perlindungan Konsumen (SPK) dari Kementerian Perdagangan, mengaku sebenarnya potensi terjadinya penyelundupan beras yang dilewatkan melalui pelabuhan tikus terbilang cukup tinggi.

Hal ini dikarenakan Indonesia mempunyai wilayah laut yang sangat luas, alhasil banyak kapal-kapal yang bersadar. Ketika ditemui wartawan harianindo, kemarin Jumat (27/2/2015), Widodo mengungkapkan bahwa di Sumatera banyak sungai yang mampu menampung kapal besar.

Kemungkinan besar mereka dapat menyelundupkan beras. Tercatat di Sumatera ada sekitar seratus pelabuhan belum lagi ditambah pelabuhan yang ada di Kalimantan dan Sulawesi. Sehingga menyebabkan pengawasan barang menjadi sulit dilakukan.

Dijelaskan oleh Widodo bahwa mekanisme untuk pengawasan barang ada beberapa macam baik yang ada di pelabuhan ataupun di pasaran. Untuk pengawasan yang ada di pelabuhan biasanya dilakukan oleh Bea Cukai dan Kemendag memiliki tugas melakukan pengawasan peredaran barang yang ada di pasaran.

Terlebih lagi untuk barang yang ada di pasaran akan sulit diawasi karena biasanya beras-beras tersebut dicampur sehingga wujud aslinya tidak kelihatan lagi. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)



Google+ comment widget by skipser

Photo Gallery