Siapa Pengelola Blok Mahakam ?



28/02/2015

Siapa Pengelola Blok Mahakam ?Jakarta – Sepertinya siapa yang nantinya akan mengelola blok Mahakam telah memasuki babak baru. Hal ini dikarenakan pihak PT Pertamina telah memasukkan proposalnya kepada Kementerian ESDM terkait siapa yang nantiny akan mengelola blok yang saat ini masih dikelola oleh Total E&P Indonesia.

Diprediksi keputusan dari pihak pemerintah akan keluar di pertengahan Maret. Ketika dihubungi wartawan harianindo, Sabtu (28/2/2015), Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam membenarkan bahwa pihaknya telah menyerahkan proposal kepada pemerintah.

Terkait detail isinya, ia enggan membeberkannya. Saat ini pihaknya hanya tinggal menunggu keputusan dari pemerintah. Sebelum dikriim proposal tersebut telah disusun dengan matang dan difinalisasi dengan beberapa pihak, seperti dari SKK Migas.

Ketika disinggung siapa nantinya partner yang akan diajak menggarap Blok Mahakam, Syamsu masih menutup rapat informasinya. Sebagaimana informasi bahwa pihak pemerintah dalam masa transisi berharap Pertamina masih menggandeng Total.

Sedangkan dari Sekjen Kementerian ESDM Teguh Pamudji dengan tegas membeberkan bahwa pihaknya telah siap mengkaji proposal tersebut dan diprediksi selesai dan diumumkan pada pertengahan Maret. Sedangkan dari Ketua Tim Pengendalian Kinerja Kementerian ESDM Widyawan Wiratmaja menambahkan bahwa untuk saat ini pihak pemerintah sudah memberikan lampu hijau terkait pengelolaannya.

Oleh karena itu untuk saat ini perusahaan yang dipimpin oleh Dwi Soetjipto perlu menyiapkan peralihan, baik itu di sisi teknis dan juga sumber daya manusia (SDM). (Dwi Kristyowati – www.harianindo.com)



Google+ comment widget by skipser

Photo Gallery