Berita ISIS Terkini: ISIS Tumbuh Makin Besar Sejak Diserang AS



31/03/2015

Berita ISIS Terkini: ISIS Tumbuh Makin Besar Sejak Diserang ASDamaskus – Presiden Suriah, Bashar al Assad, mengatakan bahwa kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) telah tumbuh semakin besar dan kuat semenjak digempur oleh Amerika Serikat (AS) dan koalisi negara-negara anti-ISIS melalui serangan udaranya. Pernyataan al Assad tersebut disampaikannya dalam sebuah acara televisi di stasiun televisi AS, yaitu CBS.

Al Assad mengatakan bahwa meski secara umum Suriah diuntungkan dengan adanya bantuan serangan udara dari AS dan koalisinya, pihak Suriah melaporkan bahwa ISIS justru tumbuh semakin besar dan mendapatkan lebih banyak pasukan lagi sejak bantuan serangan tersebut dimulai.

Assad mengatakan bahwa bukannya semakin berkurang akibat gempuran serangan udara AS, ISIS justru semakin berkembang lebih besar lagi keitmbang permulaan kemunculannya dulu. Informasi yang diterima al Assad mengatakan bahwa ISIS di Suriah telah merekrut sekitar 1.000 orang anggota baru tiap bulannya.

Al Assad menambahkan bahwa ISIS di Irak juga semakin besar, cabang mereka di Libya juga mulai tumbuh, serta simpatisan dan sayap-sayap militer di negara lain juga mulai berdatangan untuk ISIS. Kelompok-kelompok yang dulunya terafiliasi dengan Al Qaeda juga telah mengumumkan kesetiaannya terhadap kelompok radikal tersebut.

Adapun Suriah sendiri sebenarnya telah terlibat konflik bersenjata dengan ISIS sejak tahun 2011. Kala itu, pergerakan kelompok ekstrimis tersebut belum sebesar sekarang, dan ancaman yang ditimbulkannya hanya di sekitar Suriah dan Irak saja. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)



Google+ comment widget by skipser

Photo Gallery