Home > Ragam Berita > Gempa Nepal: Jumlah Korban Jiwa Mencapai 6.204 Orang

Gempa Nepal: Jumlah Korban Jiwa Mencapai 6.204 Orang

Gempa Nepal: Jumlah Korban Jiwa Mencapai 6.204 OrangKathmandu – Jumlah korban jiwa akibat bencana gempa bumi di Nepal dilaporkan terus meningkat. Kabar terakhir dari petugas Kementerian Dalam Negeri Nepal mengatakan bahwa jumlah korban jiwa akibat gempa dahsyat tersebut telah mencapai 6.204 orang.

Seperti dilansir dari Reuters (Jumat, 1/5/2015), peningkatan jumlah korban tersebut terjadi seiring dengan penemuan jenazah-jenazah korban yang tertimbun bangunan dan sejenisnya. Hal ini kemudian semakin menimbulkan masalah bagi otoritas Nepal. Mereka mengaku bingung bagaimana harus meletakkan dan mengurus jenazah-jenazah tersebut. Salah satu jalan keluar yang diambil adalah dengan mengkremasi massal jenazah-jenazah tersebut di rumah sakit.

Petugas paramiliter India, Raman Lal, mengatakan bahwa kamar mayat telah penuh dengan jenazah korban gempa. Pihaknya pun diperintahkan untuk membakar mayat-mayat yang telah ditemukan tersebut.

Adapun bau mayat yang terperangkap di sejumlah reruntuhan bangunan di Kota Kathmandu dikabarkan telah mulai mengganggu para penduduk. Penduduk kota tersebut bahkan dikabarkan enggan kembali ke rumah mereka.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memperkirakan bahwa gempa bumi di Nepal telah menghancurkan sekitar 600 ribu rumah. Biaya untuk merekonstruksi bangunan dan infrastruktur di Nepal diperkirakan mencapai USD 2 miliar.

Menteri Keuangan Nepal, Ram Sharat Mahat, mengatakan bahwa jumlah dana tersebut hanya perkiraan sementara. Mahat menambahkan bahwa dibutuhkan waktu untuk mengukur kerusakan yang sebenarnya serta kemudian menghitung dana yang dibutuhkan untuk melakukan pembangunan kembali.

Menteri Informasi Nepal, Minendra Rijal, mengatakan bahwa Pemerintah Nepal berjanji akan menggelontorkan dana santunan sebesar USD1.000 kepada para keluarga yang anggotanya tewas akibat gempa. Selain itu, juga akan diturunkan dana bantuan biaya kremasi dan penguburan sebesar USD 400. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Sempat Diresmikan, Bagaimana Nasib OK OCE Mart Sekarang ?

Sempat Diresmikan, Bagaimana Nasib OK OCE Mart Sekarang ?

Jakarta – OK OCE Mart pertama kali di Jakarta berada di Jalan Cikajang, Jakarta Selatan, ...