Home > Ragam Berita > Abu Bakar al-Baghdadi Tak Lagi Pimpin ISIS ?

Abu Bakar al-Baghdadi Tak Lagi Pimpin ISIS ?

Abu Bakar al-Baghdadi Tak Lagi Pimpin ISIS ?Mosul – Sebuah serangan udara yang dilakukan oleh tentara koalisi pimpinan Amerika Serikat pada 18 Maret 2015 lalu menyebabkan dua pengawal pribadi Abu Bakar al-Baghdadi tewas dan kabarnya Abu Bakar al-Baghdadi sendiri mengalami luka pada tulang belakangnya sehingga kini tidak bisa lagi memimpin ISIS.

Kabar dari sumber ISIS ini diberitakan oleh The Guardian pada Jumat (1/5/2015).

Abu Bakar al-Baghdadi saat ini tengah dirawat oleh dua orang ahli medis yaitu seorang ahli radiologi dari rumah sakit Mosul dan seorang ahli bedah, di tempat persembunyiannya di Mosul, Irak.

Akibat luka yang dideritanya karena serangan di al-Baaj, 128 kilometer barat Mosul ini mengakibatkan Abu Bakar al-Baghdadi tidak lagi dapat memimpin ISIS dan digantikan oleh wakilnya, Abu Alaa al-Afri.

Abu Alaa al-Afri sendiri adalah seorang profesor bidang fisika yang pernah menggantikan Abu Omar al-Baghdadi yang tewas saat terjadi serangan di Tikrit yang dilakukan oleh Amerika Serikat pada April 2010 lalu, sebelum kemudian Abu Bakar al-Baghdadi memegang pucuk pimpinan ISIS.

Kabar terlukanya Abu Bakar al-Baghdadi itu sendiri dibantah pihak Pentagon dan menyebutkan bahwa pihaknya belum mendapatkan informasi tersebut. Begitu juga yang terjadi di pihak ISIS sendiri, hanya beberapa pimpinan tinggi ISIS yang mengetahuinya.

Sosok Abu Bakar al-Baghdadi memang dikenal sangat misterius dan sulit dilacak keberadaannya. Dia hanya sekali terlihat di media, yaitu saat menyampaikan ceramah sholat Jumat di Masjid Noori, Mosul, sekaligus menyampaikan tujuan perjuangan ISIS untuk mendirikan kekhalifahan di dunia.

Seperti diketahui, momentum konflik yang terjadi di Suriah dijadikan ISIS untuk menguasai Suriah dan beberapa wilayah di Irak bagian utara, seperti Tikrit, Mosul , Anbar, dan Nineveh. (Dwi Kristyowati – harianindo.com)

x

Check Also

Video Melania Trump Tepis Tangan Donald Trump Jadi Viral di Media Sosial

Video Melania Trump Tepis Tangan Donald Trump Jadi Viral di Media Sosial

Jakarta – Pasangan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Ibu Negara Melania Trump terekam kamera ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis