Home > Ragam Berita > Gempa Bumi Nepal: Bantuan Indonesia Tahap Kedua untuk Nepal telah Tiba di Kathmandu

Gempa Bumi Nepal: Bantuan Indonesia Tahap Kedua untuk Nepal telah Tiba di Kathmandu

Gempa Bumi Nepal: Bantuan Indonesia Tahap Kedua untuk Nepal telah Tiba di KathmanduKathmandu – Pada hari Sabtu, 2 Mei 2015, dilapokan bahwa tim dari Indonesia yang mengantarkan bantuan kemanusiaan tahap kedua untuk Nepal telah sampai di Kota Kathmandu. Tim beranggotakan 33 orang tersebut tiba di Nepal pada pukul 02.00 waktu setempat dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia A330.

Kepala Pusat Data dan Infromasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan bahwa tim Indonesia yang sebelumnya telah berada di Nepal telah bergabung bersama tim internasional. Tim dari Indonesia tersebut diketuai oleh Direktur Tanggap Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Junjungan Tambunan. Pengiriman tim Indonesia ini merupakan realisasi rencana Pemerintah Indonesia yang membentuk tiga tim khusus untuk mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) yang masih terjebak di Nepal.

Adapun data terbaru yang diperoleh dari Badan Koordinasi untuk Bantuan Kemanusiaan (OCHA) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), mengatakan bahwa korban tewas akibat gempa Nepal telah mencapai 6.250 orang, dengan korban luka-luka mencapai 14.357 orang. Disebutkan pula bahwa 160.786 unit bangunan rumah hancur total, dan 143.673 lainnya mengalami kerusakan. OCHA PBB juga mengeluarkan sebuah perkiraan yang menyebutkan bahwa akan ada 2,8 juta jiwa penduduk yang harus mengungsi, dan 3,5 juta jiwa membutuhkan bantuan pangan.

Laporan lain dari lapangan mengatakan bahwa distribusi bantuan kemanusiaan mengalami ketidakmerataan. Sebagai contoh, bantuan yang telah sampai di daerah Kathmandu dan Sindhupalchowk telah mencukupi, sementara di sejumlah daerah lain bantuan sangat sulit diperoleh. Ketidakmerataan distribusi bantuan ini diakibatkan oleh rendahnya aksesibilitas lokasi dan sulitnya komunikasi. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Ustad Abdul Somad Ditolak Ormas Bali, Ini Sikap MUI

Ustad Abdul Somad Ditolak Ormas Bali, Ini Sikap MUI

Jakarta – Insiden demo dan penolakan sekelompok orang dari ormas yang menamakan diri Komponen Rakyat ...