Home > Ragam Berita > Inilah Kronologi Kasus Novel Baswedan Versi Polisi

Inilah Kronologi Kasus Novel Baswedan Versi Polisi

Inilah Kronologi Kasus Novel Baswedan Versi PolisiBengkulu – Pada Sabtu (2/5/2015) kemaren telah dilakukan rekonstruksi terhadap kasus penganiayaan yang disangkakan kepada penyidik KPK Novel Baswedan, di Pantai Panjang, Bengkulu.

Pada rekonstruksi kasus yang terjadi pada 2004 silam saat Novel masih menjabat sebagai Kasat Reskrim Polres Bengkulu ini dilakukan tanpa melibatkan Novel Baswedan. Pemeran Novel digantikan oleh salah seorang anggota polisi dari Polda Bengkulu.

Rekonstruksi pertama dilakukan di Mapolres Bengkulu. Di sana digambarkan Novel memerintahkan anak buahnya untuk menyiapkan segala keperluan untuk mengeksekusi 6 tersangka pencurian sarang burung walet untuk dibawa ke Pantai Panjang, Bengkulu. Keenam tersangka lalu diborgol dan dibawa dengan menggunakan mobil pick up pada malam hari, sedangkan Novel sendiri menyusul dengan mengendarai sebuah mobil sedan.

Sesampainya di Pantai Panjang, Novel memerintahkan Bripka Lazuardi Tanjung (saksi 1) untuk membawa dua orang tersangka atas nama Erwansyah Siregar dan Dedi Muryadi. Novel kemudian menembak kaki kiri Erwansyah Siregar dan Dedi Muryadi di kaki kanan dengan menggunakan pistol revolver.

Lalu dua orang tersangka tersebut dibawa kembali ke mobil pick up oleh saksi 1, sekaligus membawa dua orang tersangka lainnya, Rizal dan Mulyan Johan, kepada Novel untuk dieksekusi.

Novel kemudian menembak kaki kiri dan kanan Rizal, demikian juga dengan Mulyadi Johan. Mulyadi kemudian diketahui meninggal dunia akibat infeksi yang dideritanya. Sedangkan untuk dua tersangka lainnya ditembak bukan oleh Novel.

Novel Baswedan sendiri melakukan pembelaan dengan menyebutkan bahwa pada saat kejadian Novel tidak berada di TKP dan tidak mengetahui apa yang dilakukan bawahannya di Pantai Panjang. (Dwi Kristyowati – harianindo.com)

x

Check Also

Tanggapan Kim Jong-un Terkait Ancaman Donald Trump

Tanggapan Kim Jong-un Terkait Ancaman Donald Trump

Pyongyang – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada hari selasa (19/09/2017) yang lalu menyatakan ...