Home > Ragam Berita > Berita ISIS Terkini: ISIS Rampas Persenjataan Militer Irak dan Suriah

Berita ISIS Terkini: ISIS Rampas Persenjataan Militer Irak dan Suriah

Berita ISIS Terkini: ISIS Rampas Persenjataan Militer Irak dan SuriahBaghdad – Kelompok Islamic Stet of Iraq and Syria (ISIS) diduga telah memiliki kekuatan persenjataan dan kendaraan perang yang cukup berat dan berbahaya, yang diantaranya adalah tank dan pesawat tempur. Kekuatan perang ISIS tersebut tersebut didapatkan setelah menjarah markas pasukan militer Irak dan Suriah.

Seperti dilansir dari Express (Selasa, 5/5/2015), informasi yang beredar menyebutkan bahwa persenjataan yang saat ini dimiliki ISIS terdiri dari beberapa jenis kendaraann tempur seperti mobil Humvee (yang biasa dipakai oleh militer Amerika Serikat) hingga pesawat tempur jenis MIG 23. Selain itu, ISIS juga mendapatkan tank-tank “sumbangan” dari sejumlah kelompok pemberontak di Suriah, termasuk diantaranya tank T-72 buatan Uni Soviet.

Untuk pesawat tempur sendiri, ISIS diduga telah memiliki tiga unit jet tempur berjenis MIG 21 hingga MIG 23. ISIS juga dilaporkan telah memiliki senjata anti serangan udara plus kendaraann pengangkutnya, tank-tank lawas T-55, serta beberapa roket anti tank dan peluncur granat.

Untuk senjata personil, selama ini ISIS memang telah lebih sering terlihat menggunakan senjata jenis senapan serbu jenis Avtoma Kalashnikov (AK) dan berbagai variannya. Namun demikian kabar terbaru mengatakan bahwa mereka telah berhasil mendapatkan senjata berjenis M-16 buatan AS.

Meski memiliki pesawat tempur, masih belum diketahui bagaimana mereka bisa menggunakan perlengkapan tempur tersebut, mengingat sulitnya pengoperasian, perawatan, perbaikan, dan tentunya pembiayaan yang harus dikeluarkan untuk mengoperasikannya. Namun demikian, dengan adanya kekuatan udara yang dimiliki oleh kelompok radikal tersebut, bukan tidak mungkin peristiwa semacam teror 9/11 dapat terjadi kembali. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Kontroversi Pidato Pribumi, Fahri Hamzah Minta Anies Tiru Ahok

Kontroversi Pidato Pribumi, Fahri Hamzah Minta Anies Tiru Ahok

Jakarta – Ramainya polemik terkait isi pidato Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota ...