Home > Ragam Berita > Konflik Yaman: Jet Inggris Dominasi Yaman

Konflik Yaman: Jet Inggris Dominasi Yaman

Konflik Yaman: Jet Inggris Dominasi YamanRiyadh – Jet tempur buatan Inggris dilaporkan telah mendominasi wilayah udara di sekitar medan pertempuran di Yaman. Jet buatan Inggris tersebut memang digunakan Arab Saudi untuk terus menggemour basis-basis pertahanan Kelompok Houthi di negara yang tengah berkonflik tersebut.

Diberitakan bahwa Arab Saudi mengerahkan sekitar 100 jet tempur untuk melakukan serangan udara setiap harinya di Yaman. Dari jumlah tersebut, sekitar 50 unit diantaranya adalah jet jenis Eurofighter Typhoon dan Tornado GR 4 yang memang merupakan buatan Inggris.

Seperti dilansir dari IB Times (Rabu, 6/5/2015), Angkatan Udara (AU) Inggris, atau yang dikenal dengan nama Royal Army Force (RAF), memang telah menghibahkan 73 unit pesawat tempurnya yang berjenis Tornado GR 4 lengkap dengan senjatanya seperti bom Storm Shadow dan Paveway IV. Kepala RAF, Sir Michael Graydon, mengatakan bahwa pesawat tempur dan kru dalam jumlah banyak sangat diperlukan untuk mengamankan wilayah Timur Tengah dari ancaman kekerasan dan teror seperti yang dipertunjukkan oleh Kelompok Houthi dan juga kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

Adapun dalam konflik Yaman ini, Inggris memutuskan hanya akan membantu dalam suplai peralatan dan teknologi militer ketimbang terjun langsung bertempur di medan perang. Hal tersebut dilakukan untuk menghemat anggaran militer mereka dan sekaligus meminimalisir korban dari pihak mereka. Selain itu, Uni Eropa juga telah memperingatkan Inggris untuk menyiagakan pasukan di Eropa untuk menghadapi ancaman Rusia yang tengah berulah di sana. (Galang Kenzei Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Terkait Pidato 'Pribumi', Anies Baswedan Bakal Dilaporkan Pihak Berwajib

Heboh Soal Kata Pribumi, Ini Penjelasan Anies Baswedan

Jakarta – Usai pelantikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang kini menjabat sebagai gubernur membuat ...