Home > Ragam Berita > GKR Pembayun Jadi Putri Mahkota, Sabdaraja Jogja Ditentang Berbagai Pihak

GKR Pembayun Jadi Putri Mahkota, Sabdaraja Jogja Ditentang Berbagai Pihak

GKR Pembayun Jadi Putri Mahkota, Sabdaraja Jogja Ditentang Berbagai PihakYogyakarta โ€“ Saat ini suasana yang terjadi di Keraton Jogjakarta atau Ngayogyokarta sedang menghangat. Hal ini dikarenakan Gubernur DIJ Sultan Hamengku Buwono (HB) X telah memutuskan bahwa putrinya, GKR Pembayun, donobatkan sebagai putri mahkota dengan memperoleh gelar GKR Mangkubumi.

Hal ini tentunya membuat adik-adik dari HB X memberikan perlawanan yang cukup keras. Karena keputusan raja Jogja atau disebut sabdaraja dan dawuhraja ini secara mentah-mentah ditolak oleh saudara-saudaranya.

Pangeran-pengeran yang memberikan penolakan itu adalah GBPH Prabukusumo, GBPH Yudhaningrat, GBPH Cakraningrat, dan GBPH Condrodiningrat, serta beberapa adik-adik HB X yang lainnya yang domisili di luar DIJ.

Sebagai informasi bahwa permasalah Keraton Jogjakarta ini berawal saat HB X mengadakan pisowanan khusus tepatnya pada tanggal 30 April yang dihadiri oleh keluarga. Dimana dalam kesempatan tersebut, HB telah mengeluarkan dawuhraja atau sabda raja yang isinya antara lain mencopot gelar khalifatullah.

Dimana gelar khifatullah ini memiliki arti pemimpin agama, dan di jaman dinasti Mataram masih dipakai. Selain itu dengan dinobatkannya GKR Pembayun sebagai putri mahkota mendapatkan perlawanan keras dari adik-adik HB.

Karena Pembayun yang disandang oleh GKR Mangkubumi ini memiliki hak untuk menggantikan posisi sang ayah duduk dalam takhta Kerajaan Jogja. Padahal selama ratusan tahun tradisi ini tidak pernah terjadi di dalam Kerajaan Mataram sejak era Panembahan Senopati.

Dalam keterangan persnya, setelah menghadiri pisowanan di Bangsal Sitihinggil, Keraton Jogja, 5 Mei lalu, Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Purbodiningrat mengungkapkan bahwa Gusti Kanjeng Ratu Pembayun mendapat dawuhasma kalenggahan enggal (perintah nama kedudukan baru) menjadi Gusti Kanjeng Ratu Mangkubumi Hamemayu Hayuning Bawono Langgeng ing Mataram. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Ahok: Kalau Tuhan Tidak Pilih Saya Pun, Saya Bersyukur

Ahok: Kalau Tuhan Tidak Pilih Saya Pun, Saya Bersyukur

Jakarta – Calon Gubernur DKI Jakarta petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengaku akan tetap bersyukur ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis