Home > Ragam Berita > Istri Dubes RI untuk Pakistan Tewas dalam Kecelakaan Helikopter

Istri Dubes RI untuk Pakistan Tewas dalam Kecelakaan Helikopter

Istri Dubes RI untuk Pakistan Tewas dalam Kecelakaan HelikopterIslamabad – Pemerintah Kota Gilgit, Pakistan melaporkan bahwa telah terjadi insiden kecelakaan helikopter di sekitar wilayah Kota Gilgit yang mengakibatkan sembilan orang tewas. Salah satu diantara korban tewas adalah istri Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Pakistan.

Seperti dilansir dari Reuters (Jumat, 8/5/2015), Sekretaris Daerah Gilgit-Baltistan, Sibtain Ahmed, mengatakan bahwa jenazah korban kecelakaan helikopter tersebut telah terbakar habis dan sulit untuk diidentifikasi. Seorang petani yang bertempat tinggal 100 meter di sekitar lokasi kejadian, Shakil Ahmed, melihat langsung jatuhnya helikopter tersebut dari atap rumahnya. Shakil mengatakan bahwa helikopter tersebut terbang tak jauh dari helipad, dan berada sekitar 250 meter di udara, tepat di atas sebuah bangunan sekolah di kawasan tersebut.

Shakil menuturkan bahwa helikopter naas tersebut melayang di udara untuk beberapa waktu dan mencoba untuk berbelok sebelum akhirnya kehilangan kendali dan terjatuh menimpa sekolah. Untung saja ketika kecelakaan terjadi, anak-anak di sekolah tersebut telah diliburkan karena alasan keamanan. Helikopter yang sudah terjatuh tersebut sempat terbakar selama kurang lebih satu jam.

Kantor Kementerian Luar Negeri Pakistan melaporkan bahwa terdapat 17 orang dalam helikopter berjenis MI-17 tersebut. Dalam laporan resmi tersebut, dikatakan bahwa satu dari empat rombongan helikopter yang terbang menuju sebuah proyek resor ski tersebut telah jatuh di atas sekolah Naltar Snow School, dan kemudian menyebabkan kebakaran. Di dalam helikopter tersebut terdapat 11 warga negara asing dan enam warga Pakistan.

Juru Bicara Militer Pakistan, Asim Bajwa, mengatakan bahwa korban-korban yang tewas dalam kecelakaan ini antara lain istri Dubes RI Heri Listyawati, istri Dubes Malaysia, Dubes Filipina Domingo Lucenario, dan Dubes Norwegia Leif Larsen. Pejabat kedutaan besar lain yang mengalami luka-luka antara lain Dubes Belanda dan Dubes Polandia. Dubes Kanada, Lebanon, Romania, dan Afrika Selatan juga ikut dalam rombongan, namun mereka selamat dari kecelakaan tersebut.

Adapun militan Taliban mengklaim bahwa merekalah yang bertanggung jawab atas kecelakaan ini. Namun demikian, pernyataan Taliban ini belum dapat diverifikasi, dan keterangan sementara dari Jubir Militer Pakistan mengatakan bahwa helikopter tersebut jatuh karena kerusakan teknis. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Pengacara Hotma Sitompoel Juga Mendapatkan Keuntungan dari Proyek E-KTP

Pengacara Hotma Sitompoel Juga Mendapatkan Keuntungan dari Proyek E-KTP

Jakarta – Hakim di Pengadilan Tipikor Jakarta meyakini, dua terdakwa mantan pejabat di Kementerian Dalam ...