Home > Ragam Berita > Berita ISIS Terkini: ISIS Paksa Korban Pelecehan Seksual untuk Operasi Keperawanan

Berita ISIS Terkini: ISIS Paksa Korban Pelecehan Seksual untuk Operasi Keperawanan

Berita ISIS Terkini: ISIS Paksa Korban Pelecehan Seksual untuk Operasi Keperawanan

Wakil Khusus dari Sekretaris Jenderal PBB untuk Kekerasan Seksual di Daerah Konflik, Zainab Bangura
(sumber foto: The Independent)

Damaskus – Salah seorang perempuan yang menjadi korban pelecehan seksual dan kekerasan oleh anggota kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) dilaporkan telah dipaksa untuk menjalani operasi untuk mengembalikan keperawanan mereka. Operasi tersebut harus dilaluinya setiap akan menikahi anggota ISIS – mengimplikasikan terjadinya ‘transfer’ perempuan/istri. Naasnya, salah satu badan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melaporkan bahwa perempuan tersebut sudah menjalani 20 kali operasi keperawanan.

Wakil Khusus dari Sekretaris Jenderal PBB untuk Kekerasan Seksual di Daerah Konflik, Zainab Bangura, mengungkapkan hal tersebut setelah melalui proses studi dan wawancara yang cukup panjang. Dirinya mewawancarai belasan perempuan yang sempat mengalami pelecehan seksual di wilayah-wilayah kekuasan ISIS. Bangura bahkan mengatakan bahwa kekerasan dan pelecehan seksual ISIS tersebut dilakukan secara menyebar, terencana, dan tersistematis.

Seperti dilansir dari The Independent (Senin, 11/5/2015), Bangura mengatakan bahwa ISIS kerap mempraktikkan aksi-aksi kekerasan seksual dan menjadikannya sebagai aspek utama dalam ideology dan operasi mereka. ISIS juga menggunakan hal tersebut untuk menebarkan terror sebagai bagian dari usaha perluasan area kekuasaannya.

Laporan yang beredar mengatakan pula bahwa pada bulan Februari 2015 lalu anggota ISIS di Suriah sempat mencari (menculik) tenaga medis untuk membantu rekan-rekannya yang terluka akibat perang. Tenaga medis ini belakangan diketahui tidak hanya ditugaskan untuk mengobati anggota ISIS yang terluka, namun juga dipaksa melakukan operasi keperawanan kepada perempuan-perempuan muda dengan prosedur anestesi lokal. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Jokowi Akhirnya Angkat Bicara Soal Dukungan Jusuf Kalla ke Anies-Sandi

Jokowi Akhirnya Angkat Bicara Soal Dukungan Jusuf Kalla ke Anies-Sandi

Jakarta – Presiden Joko Widodo bicara blak-blakan soal Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu, termasuk soal ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis