Home > Ragam Berita > Berita ISIS Terkini: ISIS Bom Penjara, 42 Narapidana Irak Kabur

Berita ISIS Terkini: ISIS Bom Penjara, 42 Narapidana Irak Kabur

Berita ISIS Terkini: ISIS Bom Penjara, 42 Narapidana Irak KaburKhalis – Pemerintah Irak melaporkan bahwa 42 orang narapidananya telah kabur dari sebuah penjara di Kota Khalis. Lolosnya 42 orang narapidana tersebut diduga kuat akibat sebuah serangan bom yang dilancarkan oleh kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

Temuan terbaru ini disampaikan langsung oleh Walikota Khalis, Uday al Khadran. Khadran mengatakan bahwa 42 narapidana tersebut berhasil lolos akibat lemahnya tingkat pengamanan di penjara Kota Khalis, khususnya setelah ISIS mulai melakukan operasi militernya. Sebelum ke-42 narapidana tersebut lolos, sempat terjadi sebuah ledakan besar di dekat penjara tersebut.

Al Khadran menduga bahwa ledakan tersebut berasal dari bom yang memang sengaja diledakkan oleh ISIS. Hal tersebut mereka lakukan guna memecah perhatian pihak keamanan Kota Khalis. Ketika para petugas keamanan tengah sibuk menyelidiki ledakan tersebut, ISIS pun kemudian melancarkan aksinya untuk meloloskan 42 narapidana dari penjara di kota tersebut.

Seperti dilansir dari IB Times (Senin, 11/5/2015), Al Khadran juga mengatakan bahwa kurangnya informasi intelijen yang diterima oleh pihak keamanan Kota Khalis merupakan alas an utama di balik kaburnya 42 narapidana tersebut. Al Khadran meyakini bahwa jika informasi intelijen yang diterima petugas cukup memadai maka insiden semacam ini tidak mungkin terjadi.

Adapun penjara di Kota Khalis sejatinya telah menampung sekitar 300 narapidana. Hingga berita ini diterbitkan, pihak otoritas Irak masih menyelidiki apakah diantara 42 orang narapidana tersebut terdapat tokoh-tokoh penting atau petinggi dari ISIS. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Sandiaga Menyebut Pertama Kalinya Pemprov DKI Inisiasi Perayaan Natal Bersama

Sandiaga Menyebut Pertama Kalinya Pemprov DKI Inisiasi Perayaan Natal Bersama

Jakarta – Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi DKI akan menanggung seluruh ...