Home > Ragam Berita > Konflik Yaman: Arab Saudi dan Houthi Lakukan Gencatan Senjata

Konflik Yaman: Arab Saudi dan Houthi Lakukan Gencatan Senjata

Konflik Yaman: Arab Saudi dan Houthi Lakukan Gencatan Senjata

Kondisi penduduk Yaman akibat konflik bersenjata
(sumber foto: Al Arabiya)

Riyadh – Telah terjadi perkembangan yang cukup positif terkait konflik bersenjata di Yaman. Arab Saudi dan koalisinya pada Selasa, 12 Mei 2015, kemarin secara resmi memutuskan untuk melakukan gencatan senjata dengan Kelompok Houthi. Gencatan senjata berdurasi lima hari tersebut diberlakukan untuk mendukung pengiriman bantuan kemanusiaan ke Yaman.

Seperti dilansir dari Al Arabiya (Selasa, 12/5/2015), Juru Bicara Militer Arab Saudi, Brigjen Ahmed al-Asseri, mengatakan pada Selasa pukul 23.00 waktu setempat bahwa pihaknya telah sepakat untuk memulai gencatan senjata selama lima hari. Arab Saudi akan membuka pintu perbatasannya dengan Yaman untuk kemudian digunakan sebagai jalur pengiriman bantuan kemanusiaan. Sementara itu, pihak Kelompok Houthi harus menjamin keamanan di Yaman agar bantuan sosial untuk masyarakat sipil di Yaman bisa diterima secara baik dan tepat sasaran.

Juru Bicara Kelompok Houthi, Sharaf Luqman, mengatakan bahwa pihaknya juga telah membuka pintu akses perbatasan agar bantuan kemanusiaan tersebut bisa masuk. Luqman menegaskan bahwa gencatan senjata ini dilakukan hanya untuk mendukung pengiriman bantuan kemanusiaan. Gencatan senjata ini bukanlah tanda menyerah atau kesepakatan antara Kelompok Houthi dengan Arab Saudi.

Adapun Pemerintah Amerika Serikat (AS), sebagai pendukung Koalisi Negara Arab, telah mengetahui dan menyetujui gencatan senjata tersebut. Menteri Luar Negeri AS, John Kerry, berharap bahwa kedua belah pihak dapat menunjukkan komitmen terhadap kesepakatan gencatan senjata ini. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Kasus Duel Gladiator Siswa SMA, Polisi Telah Periksa Dokter Yang Menangani

Kasus Duel Gladiator Siswa SMA, Polisi Telah Periksa Dokter Yang Menangani

Jakarta – Polisi terus mendalami kasus tewasnya seorang siswa kelas X SMA yang bernama Hilarius ...