Home > Ragam Berita > Gempa Nepal: Kembali Diguncang Gempa 7 Skala Richter

Gempa Nepal: Kembali Diguncang Gempa 7 Skala Richter

Gempa Nepal: Kembali Diguncang Gempa 7 Skala RichterKathmandu – Nepal dilaporkan kembali diguncangkan oleh gempa berkekuatan besar pada Selasa, 12 Mei 2015, kemarin. Tak tanggung, negara berjuluk Negeri Atap Langit tersebut dihantam oleh gempa berkekuatan 7,4 pada Skala Richter (SR) yang sontak membuat panik seluruh orang di sana.

Seperti dilansir dari Reuters (Selasa, 12/5/2015), penduduk di Ibukota Nepal, Kathmandu, dilaporkan berhamburan untuk menyelamatkan diri setelah merasakan guncangan yang demikian dahsyat. Sejumlah bangunan rumah milik warga pun dikabarkan roboh akibat gempa terbaru tersebut. Tak hanya warga setempat, kepanikan juga dialami relawan-relawan dari berbagai negara yang membantu evakuasi dan distribusi bantuan sosial di sana.

Sementara itu, guncangan gempa berkekuatan 7,4 SR ini juga dirasakan di wilayah Gunung Everest. Tim SAR yang tengah melakukan evakuasi korban salju longsor pun terpaksa menghentikan proses evakuasi tersebut dan berlindung di lokasi-lokasi yang dinilai aman dari gempa. Gempa ini pun dikhawatirkan akan kembali menyebabkan salju longsor di puncak gunung tertinggi di dunia tersebut.

Gempa Nepal: Kembali Diguncang Gempa 7 Skala RichterGempa terbaru di Nepal ini juga dirasakan di wilayah Bangladesh dan India. Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Bangladesh, Iwan Wiranataatmadja, mengatakan bahwa gempa tersebut sangat terasa dan cukup keras sampai membuat tv bergeser. Iwan melaporkan pula bahwa tim relawan sosial dari RI yang bekerja di sejumlah pos bantuan saat ini dalam keadaan baik-baik saja.

Hermawan Bagaskoro, penanggungjawab urusan gempa Nepal dari Direktorat Perlindungan WNI dan Bantuan Hukum mengatakan bahwa saat ini relawan RI di sana masih sulit untuk dihubungi. Mereka diketahui masih sibuk membenahi dan memindahkan sejumlah posko dan safe house yang rusak akibat gempa terbaru ini. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Pengacara Hotma Sitompoel Juga Mendapatkan Keuntungan dari Proyek E-KTP

Pengacara Hotma Sitompoel Juga Mendapatkan Keuntungan dari Proyek E-KTP

Jakarta – Hakim di Pengadilan Tipikor Jakarta meyakini, dua terdakwa mantan pejabat di Kementerian Dalam ...