Home > Ragam Berita > Berita ISIS Terkini: Dicurigai Gabung ISIS, Paspor Pria Australia Dicabut

Berita ISIS Terkini: Dicurigai Gabung ISIS, Paspor Pria Australia Dicabut

Berita ISIS Terkini: Dicurigai Gabung ISIS, Paspor Pria Australia DicabutCanberra – Pemerintah Australia baru-baru ini dilaporkan telah mencabut paspor seorang warga negaranya sendiri karena dicurigai akan bergabung dengan kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Pria muslim tersebut dicurigai akan melakukan perjalanan ke Suriah untuk kemudian bertempur dengan ISIS di negara tersebut.

Meski dicurigai akan bergabung dengan ISIS, pria berusia 27 tahun tersebut, yang diidentifikasi dengan inisial ‘RZBV’, ngotot bahwa dirinya hendak pergi ke Turki untuk mengunjungi keluarga besarnya lalu menikah di sana. Pun demikian, Badan Intelijen Australia (ASIO) begitu yakin bahwa pria tersebut akan melakukan perjalanan ke Suriah dan bergabung dengan ISIS. Keyakinan ASIO ini kemudian diamini oleh Kementerian Luar Negeri Australia, yang kemudian mencabut paspor pria tersebut pada 7 Mei 2014 lalu.

ASIO juga menganggap bahwa RZBV adalah sosok yang berpotensi memberikan ancaman kepada Australia sendiri dan negara-negara asing lainnya jika dirinya sampai diijinkan bepergian ke luar negeri. Dan ketika dirinya diberitahu mengenai pencabutan paspornya, pria tersebut pun menghubungi ASIO pada tanggal 8 Mei 2014.

Pria tersebut mengatakan bahwa dirinya tidak tahu apa-apa tentang Suriah, selain yang ia baca dari berbagai media, baik televisi, internet, dan surat kabar. Pria tersebut pun mengajukan banding atas keputusan pencabutan paspornya di Pengadilan Tata Usaha Negara Australia.

Dalam pengadilan, pria tersebut menegaskan bahwa dirinya bukan bagian dari ISIS dan tak berniat untuk pergi ke Suriah. Dirinya hanya bermaksud untuk membawa ‘mudik’ uang senilai 39 ribua dolar Australia (sekitar Rp 390 juta), yang akan digunakannya untuk berinvestasi di kampung halamannya. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Usai Pelantikan Anies-Sandi, Jokowi dan Prabowo Tertawa Bareng

Usai Pelantikan Anies-Sandi, Jokowi dan Prabowo Tertawa Bareng

Jakarta – Acara pelantikan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI ...