Home > Ragam Berita > Berita ISIS Terkini: AS Klaim Telah Twewaskan Kepala Keuangan ISIS

Berita ISIS Terkini: AS Klaim Telah Twewaskan Kepala Keuangan ISIS

Berita ISIS Terkini: AS Klaim Telah Twewaskan Kepala Keuangan ISISBaghdad – Amerika Serikat (AS) telah mengklaim bahwa pasukan khususnya telah melakukan operasi militer yang menewaskan seorang tokoh penting dari kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Tokoh penting ISIS yang dimaksud bernama Abu Sayyaf.

Menurut Departemen (Dephan) AS, tokoh ini memang berperan sangat penting dalam keorganisasian ISIS. Tak hanya di bidang militer, Abu Sayyaf juga berperan penting dalam bidang keuangan. Tak tanggung-tanggung, Sayyaf merupakan Kepala Urusan Keuangan ISIS, yang mengatur pembiayaan perang kelompok radikal tersebut serta mengelola kilang minyak yang mereka kuasai di Irak dan Suriah.

Selain membunuh Abu Sayyaf, pasukan khusus AS juga dilaporkan berhasil menahan istri tokoh penting tersebut. Keduanya disergap dalam sebuah operasi militer di Suriah.

Pihak Pentagon (Markas Besar Dephan AS) melaporkan bahwa sebenarnya misi utama operasi khusus ini adalah menangkap Abu Sayyaf dan istrinya hidup-hidup. Namun sayang, Abu Sayyaf malah tewas dalam adu tembak melawan pasukan khusus AS tersebut. Istri Abu Sayyaf sendiri saat ini ditahan di sebuah tahanan militer di Irak.

Laporan AS juga menyebutkan bahwa sekitar 12 anggota ISIS terbunuh dalam operasi militer tersebut. Anggota-anggota ISIS tersebut sempat menggunakan perempuan dan anak-anak sebagai perisai hidup karena mereka kewalahan menghadapi serangan pasukan khusus AS.

Seperti dilansir dari CNN (Minggu, 17/5/2015), jika klaim AS ini benar, maka ini merupakan yang pertama kalinya AS melancarkan operasi darat dengan menurunkan pasukannya untuk menyerang ISIS di Suriah. Operasi ini dilaksanakan atas sepengetahuan dan ijin dari Presiden AS, Barack Obama, dan dituntaskan oleh pasukan khusus yang stand-by di markas AS di Irak.

AS mengatakan pula bahwa operasi ini dilakukan atas sepengetahuan dari Pemerintah Irak. Namun demikian, tidak disebutkan apakah AS telah mengantongi ijin dari Suriah, mengingat operasi ini berlangsung di wilayah Suriah. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Malaysia Jadikan Patok Tapal Batas Sebagai Lapangan Golf

Malaysia Jadikan Patok Tapal Batas Sebagai Lapangan Golf

Sanggau – Pengusaha Malaysia kedapatan menggunakan tapal batas yang berada di Dusun Merau, Desa Pala ...